RMOLSUMSEL

Home     


TAHUN 2017 TIDAK ADA PEMUTIHAN PAJAK, INI ALASANNYA
SENIN, 17 JULI 2017 , 16:10:00 WIB
LAPORAN: RAHMAD RAMLI

RMOLSUMSEL
  

RMOL. Untuk tahun 2017 ini Tim Samsat Sumsel memutuskan untuk meniadakan pemutihan pajak kendaraan seperti tahun sebelumnya. Keputusan itu berdasarkan hasil kesepakatan antara Badan Pendapatan Daerah bersama Polda Sumsel, Senin (17/7).  

Kepala Bapenda Provinsi Sumsel Marwan Fansuri menjelaskan, program pemutihan pajak kendaraan bermotor tahun 2017 ditiadakan dikarenakan program tersebut baru dilaksanakan tahun 2016. Bila tiap tahun dilakukan dinilai tidak mendidik masyarakat serta berdampak kurang baik untuk keuangan  pemerintah daerah.

Sementara Dirlantas Polda Sumsel melalui Kompol Irwan Andeta SIK selaku Kasi STNK menegaskan, diharapkan seluruh masyarakat Sumsel yang memiliki kendaraan bermotor untuk patuh dan disiplin segera membayarkan pajak kendaraannya, sekaligus pengesahaan STNK yang merupakan penghasilan Negara bukan Pajak (PNBP) atas implementasi aturan PP nomor 60 tahun 2017.

“Jadi, tahun ini (2017,red) tidak ada kebijakan pemutihan. Itu dilakukan karena merusak tatanan keuangan daerah dan tak mendidik masyarakat,” ujar Irwan kepada RMOLSumsel melalui siaran persnya.

Sementara upaya yang telah dilakukan, Bapenda, Polda Sumsel dan Jasa Raharja tetap melakukan upaya dan penyempurnaan layanan Samsat secara bersama dengan membuat terobosan layanan yang memudahkan wajib pajak (WP) melakukan pembayaran. Salah satunya membuka Samsat Kelurahan dan Samsat Desa sebagaimana program.

“Dengan program ini, nanti minimal kami akan membuka dua Samsat desa di daerah Tugumulyo dan Sungai Lilin, dan program ini akan bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel, Bapenda Sumsel dan Jasa Raharja. [rhd]


Baca juga:
POS KAMLING DI OKU INI TERBAIK DI BUMI SRIWIJAYA
TERDUGA SIMPATISAN ISIS DITETAPKAN TERSANGKA UU ITE
TERDUGA SIMPATISAN KELOMPOK ISIS DITANGKAP DI GELUMBANG
TERLIBAT JUDI
HASIL OPERASI RHAMADNIYA MUSI 2017


Komentar Pembaca






Berita Populer

Sempat Menyamai Daging Sapi, Kini Jengkol Jungkir Balik
BERKAH Pelaku Usaha Melalui Bank Artha Graha
Wako Minta BDC Ciptakan KSM Handal dan Mandiri