RMOLSUMSEL

Home     


3 DINAS BUBAR, PULUHAN PEJABAT HILANG JABATAN
SENIN, 17 JULI 2017 , 14:29:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

RMOL. Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bakal kehilangan jabatan.

Ini dikarenakan tiga SKPD tersebut bubar atau bergabung dengan dengan dinas lain. Tiga SKPD dimaksud yakni Dinas Persandian, Dinas Statistik, dan Dinas Litbang.

Dinas Persandian dan Dinas Statistik bergabung dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo). Sementara Dinas Litbang bergabung ke Bappeda OKU.

Selain tiga SKPD diatas, ada sejumlah SKPD lain yang berganti nama. Salah satunya adalah Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) OKU menjadi Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM).

Begitu juga jabatan Kabid Pertanian pada Dinas Pertanian OKU akan bergabung dengan Dinas Perikanan.

Kepala BKPP OKU Zandi Soleh, mengungkapkan, penggabungan dan perubahan nama SKPD tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Dalam PP itu dijelaskan, bahwa perangkat daerah adalah unsur pembantu kepala daerah dan DPRD dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Pembentukan perangkat daerah, menurut PP tersebut dilakukan berdasarkan asas urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, intensitas urusan pemerintahan dan potensi daerah, efisiensi, efektivitas, pembagian habis tugas, rentang kendali, tata kerja yang jelas dan fleksibilitas.

Selanjutnya, pembentukan dan susunan perangkat daerah ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda)  yang berlaku setelah mendapat persetujuan dari Mendagri. “Saat ini Perda masih dalam pembahasan di DPRD OKU,” kata Zandi.

Lanjut Zandi, dengan PP tersebut maka secara otomatis sejumlah pejabat eslon II, III dan IV akan kehilangan jabatannya. Sedikitnya dibeberkan dia, ada sekitar 30 pejabat eselon II, III dan IV yang hilang jabatan. [yip]


Baca juga:
PASANG PORTAL, HALAU ORANG-ORANG GAK JELAS MASUK KE GEDUNG DEWAN
PENGENDARA DISURUH LEWAT SINI, TAPI PARKIR MOTOR TAK DIBERESKAN
DPRD OKU GELAR PARIPURNA MARATHON, KELAR DALAM WAKTU 3 JAM LEBIH
DEWAN BELUM MENJADWALKAN PARIPURNA HUT OKU
KETUA DEWAN: APA BOLEH BUAT..


Komentar Pembaca






Berita Populer

PT SBA Minta Penerbit SK Palsu Pembangunan Hotel Ibis Harus Dipenjara
Disomasi Posbakum PN Baturaja, Jawaban Kepala Unit Pasar Ini Bikin Dongkol
MTA Bukan Aliran Sesat