RMOLSUMSEL

Home     


KOMISI 1 MINTA KESRA PEMKAB PERBAIKI DATA BASE SANTUNAN KEMATIAN
SENIN, 17 JULI 2017 , 11:30:00 WIB
LAPORAN: HAFIZ AL - FANGKY

KETUA KOMISI I DPRD MUBA, YULISMAN SH/RMOLSUMSEL
  

RMOL.Banyaknya keluhan warga terutama dari golongan kurang mampu yang seharusnya mendapatkan santunan kematian dari Pemerintah Kabupaten Muba.

Namun masyarakat justru dibingungkan karena saat mengklaim santunan tersebut di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) nyatanya tidak terdaftar pada data base.

Mersepon adanya laporan serta keluhan yang juga datang ke Komisi I DPRD Muba membuat wakil rakyat yang bermitra dengan bagian Kesra angkat bicara.

“Ya, kami di Komisi I sudah mendengarkan kalau ada warga yang meninggal saat ingin klaim, namun data orang itu tergolong mampu, sehingga harus kecewa harapannya,” kata Ketua Komisi I DPRD Muba, Yulisman SH kepada RMOLSumsel, Senin (17/7).

Dikatakan politisi dari partai PAN ini, bagian Kesra merupakan mitra Komisi I DPRD Muba akan mempertanyakan kategori orang yang mampu atau tidak. Karena data yang dimiliki oleh Kesra seperti tidak real di lapangan atau valid.

“Faktanya, pada saat warga benar -benar kurang mampu, namun saat ingin mengklaim santunan kematian. Tidak bisa direalisasikan, karena data yang ada di Kesra merupakan warga tergolong mampu ini artinya ada kekeliruan data basenya," tegas Yulisman.

“Jelaskan bagaimana orang yang mampu, kemudian orang yang tidak mampu kategorinya juga bagaimana? Sehingga masyarakat tidak merasa kecewa," lanjutnya.

Komisi I DPRD Muba juga meminta kepada Bagian Kesra untuk melakukan pendataan ulang terhadap masyarakat. Sehingga ke depan database masyarakat mampu atau tidak benar -benar valid dan real.

Dia menambahkan, pencairan diharapkan tidak melalui asuransi lagi, lebih baik seperti sebelumnya langsung bisa dicairkan ke BPKAD,”pungkasnya.[sri]














Baca juga:
DPRD MUBA SAMPAIKAN PEMANDANGAN UMUM TERHADAP 8 RAPERDA
DEWAN DAN PEMKAB MUBA INISIASI BENTUK 13 RAPERDA
DPRD MUBA TERIMA KUNJUNGAN KERJA DPRK ACEH BESAR
13 RAPERDA MUBA AKAN DIBAHAS DI PROPEMPERDA
STUDI BANDING DINKES MUBA KE BATAM DINILAI HAMBURKAN UANG


Komentar Pembaca






Berita Populer

Balon Gubernur Dukung Pemuda Sumsel Kembangkan Ekonomi Kreatif
Mbak Rachma: Ngomong "Saya Pancasila" Tapi Kok Nggak Paham Artinya
PAN "Ditendang" dari Koalisi