RMOLSUMSEL

Home     


BANYUASIN "TUAN RUMAH" EDUKASI PELAJAR CEGAH KARHUTLA
MINGGU, 16 JULI 2017 , 08:25:00 WIB

  

RMOL. Edukasi sejak dini dalam pencegahan karhutla, telah rutin dilakukan pihak kementrian lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia (KLHK-RI) dan Manggala Agni Daops II Kabupaten Banyuasin kepada para pelajar.

Hal tersebut terungkap dalam kegiatan pengenalan dasar dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, kepada ratusan Pramuka Saka Wana Bakti dengan tema " Pramuka Sahabat Manggala Agni" yang dilaksankan oleh Manggala Agni Daerah Oprasi II, Kabupaten Banyuasin-KLHK RI, di Aula Manggala Agni Daops II Banyuasin, Jalan Lingkar Sekojo, Komplek perkantoran Pemkab Banyuasin, Sabtu (15/7) lalu.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh pihak Direktorat kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, serta tamu undangan lainnya dari intansi terkait lainnya, di ikuti oleh peserta dari 100 pelajar Pramuka Saka Wana Bakti binaan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan.

Dari pantauan RMOLSumsel, dalam kegiatan pelatihan tersebut, para pelajar dikenalkan alat- alat pemadam Karhutla, dari alat manual hingga mesin pompa Air Portabel, mereka juga terlihat dapat melakukan pemadaman api layaknya petugas Manggala, setelah dilakukan pelatihan dengan simulasi pemadaman karhutla.

Dikatakan, Direktur Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementrian Lingkugan Hidup dan Kehutanan RI, melalui Kepala Seksi Tenaga Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kemntrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bapak Pribadi S.Sos M.Si, edukasi yang dilaksanakan kepada para pelajar yang tergabung di dalam Pramuka Saka Wana Bakti, sebagai bentuk pendidikan pelatihan dasar, agar mereka dapat mengetahui dan mengenal cara pengendalian karhutla di lingkungan rumah mereka masing masing.

"Tugas para pelajar adalah belajar dan bukan tugas mereka dalam memadamkan api, Namun mereka dapat menjadi duta dalam pencegahan karhutla, untuk di lingkungan keluarga atau juga masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, edukasi sejak dini kepada para pelajar, merupakan suatu hal yang sangat baik dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

"Kegitaan ini sangat efektif sekali, pihak kita terus rutin melakukan sosialisasi atau juga edukasi dilingkungan masyarakat dan pelajar," ucapnya

Oleh karna itu, untuk antisipasi dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan dengan tetap terus melakukan kordinasi bersama intansi terkait lainnya.

"Patroli terpadu juga dilaksanakan dan kordinasi dengan pihak terkait Seperti TNI-Polri, BMKG termasuk pemerintah daerah juga terus dilakukan." ungkapnya

Sementara itu, Adi Nofriansyah, Kepala Manggala Agni Daops II Kabupaten Banyuasin, mengatakan kegiatan ini pesertanya di ikuti 100 Pramuka Saka Wana Bakti Provinsi Sumsel, dengan antusias yang besar para pelajar sangat aktif mengikuti pelatihan dan pengendalian Karhutla.

"Ini kegiatan rutin kita, mengangkat tema Paramuka Sahabat Manggala Agni, kita edukasi mereka, semoga dari kegiatan ini dapat bermanfaat untuk mereka nantinya," singkatnya.[bubun/rik]


Baca juga:
MESKI HUJAN, RATUSAN PELAJAR PADAMKAN API
EDUKASI PENCEGAHAN KARHUTLA
PELUNCURAN PETA BARU NKRI
MD-LEA UNGGUL DIBANDING CALON LAIN
WALIKOTA DAPAT PENGHARGAAN BIDANG LINGKUNGAN DARI GUBERNUR SUMSEL


Komentar Pembaca






Berita Populer

Kenapa Kepsek di Prabumulih Masih Pakai Aset Pemkot
Pangdam dan Kapolda Dapat Suprise
Alternatif “Main Air” Murah di Baturaja