RMOLSUMSEL

Home     


BUMN HADIR UNTUK NEGERI
PROGRAM SISWA MENGENAL NUSANTARA
JUM'AT, 14 JULI 2017 , 08:25:00 WIB
LAPORAN: ERIK OKTA

SISWA MENGENAL NUSANTARA/RMOLSUMSEL/ERIK OKTA
  

RMOL. Untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada generasi muda, Kementerian BUMN memprakarsai program BUMN Hadir Untuk Negeri dengan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), yaitu program untuk para pelajar sebagai duta dari Provinsi Sumsel yang berkesempatan memperkenalkan potensi pariwisata, seni budaya, sejarah, kuliner dan ciri khas daerahnya kepada pelajar dari daerah lain.

Tahun ini, PT KAI (Persero) dipercaya Kementerian BUMN untuk menjadi penanggung jawab (PIC) Program SMN Wilayah Sumatera Selatan bersinergi dengan PT Semen Baturaja, Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.

Sedikitnya 51 peserta seleksi dari sekolah menengah atas/kejuruan (SMA/K) dan SMA-LB dari 17 kabupaten/kota di Sumsel mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan kriteria diantaranya memiliki prestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

Dari 51 peserta yang ikut seleksi, terpilih 20 peserta yang akan diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Utara pada 16-23 Juli mendatang.

"Kegiatan ini sesuai dengan program pemerintah yang memberdayakan BUMN yang ada untuk ikut berkontribusi di bidang pendidikan untuk siswa berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu di daerah-daerah," kata Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti kepada redaksi RMOLSumsel, Jumat (14/7).

Dari 51 peserta yang ikut seleksi, terpilih 20 peserta yang akan diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Utara
pada 16-23 Juli mendatang, dan kami juga akan menerima rombongan siswa yang berasal dari
Kalimantan Utara sebagai pertukaran pelajar untuk mengenal Sumatera Selatan.

Lebih lanjut Aida mengatakan, melalui program ini siswa bisa mengenal budaya nusantara mengingat keanekaragaman budaya suatu daerah tidak sama dengan daerah lain sehingga wawasan pelajar tentang nusantara akan semakin luas dan dapat menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan para pelajar sebagai warga Indonesia.

"Selain itu dengan program ini saya berharap mereka bisa lebih mengenal kereta api dan menjadi generasi yang bisa mengembangkan moda transportasi kereta api,” tutup Aida.[rik]


Baca juga:
KABUPATEN PERTAMA DI DUNIA RAIH SERTIFIKASI SUSTAINABLE
JOKOWI: TIDAK ADA RESHUFFLE MINGGU INI
DISHUB TERPAKSA SERAHKAN KE PIHAK SWASTA KARENA ULAH JURU PARKIR
KOMITE III DPD RI BAWA OLEH-OLEH BUAH PEMIKIRAN DARI SUMSEL
BEGINI CARA JADI PETANI CERDAS VERSI PAK BUPATI


Komentar Pembaca






Berita Populer

Kenapa Kepsek di Prabumulih Masih Pakai Aset Pemkot
Pangdam dan Kapolda Dapat Suprise
Alternatif “Main Air” Murah di Baturaja