RMOLSUMSEL

Home     


AKHIRNYA PRESIDEN JOKOWI BICARA SOAL PEMINDAHAN IBUKOTA
KAMIS, 13 JULI 2017 , 14:58:00 WIB

  

RMOL. Presiden Joko Widodo bicara tentang rencana pemindahan ibu kota Negara dari Jakarta ke daerah lain. Jokowi menekankan bahwa wacana itu hingga kini masih dikaji.

 Sebab, untuk memindahkan ibu kota diperlukan kalkulasi mendalam dari berbagai aspek. Sehingga tidak memungkinkan untuk segera diputuskan.

Ini disampaikannya di sela-sela penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah di Balikpapan International Convention Center, Kalimantan Timur seperti diberitakan JPNN, Kamis (13/7).

Hal tersebut sekaligus sebagai respons atas pernyataan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, dalam kesempatan yang sama menyatakan Balikpapan siap menjadi ibu kota Negara.

"Tadi sudah disampaikan Gubernur Kalimantan Timur mengenai ibu kota. Saya tidak mau menyinggung itu dulu karena masih kajian," ujar Jokowi.

Namun demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan jika saat ini ada tiga provinsi yang sedang dikaji lebih dalam. Hanya saja dia masih menyimpan rapat nama-namanya.

"Tidak saya buka. Kalau saya buka di Kalimantan Timur misalnya di Berau, nanti semua orang beli tanah di sana. Harga tanah langsung melambung," jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur Awang Faroek Ishak dalam laporannya menyatakan siap memfasilitasi kebutuhan lahan untuk mempersiapkan ibu kota yang baru.

Apalagi, saat ini Kalimantan Timur telah memiliki sejumlah infrastruktur yang strategis seperti bandara dan pelabuhan internasional, jalan tol, dan pasokan listrik yang mencukupi.

"Berapa pun besar lahan yang dibutuhkan, kami siap untuk fasilitasi," ujar Faroek. [ida]


Baca juga:
BEGINI CARA JADI PETANI CERDAS VERSI PAK BUPATI
LAPORAN KINERJA PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP MUARA ENIM TERBAIK SE-PROVINSI
DEKRANASDA DAN DANAU OPI JAKABARING SEGERA DIKEMBANGKAN
SENIMAN BELANDA TERTARIK KELOLA WISATA ALAM LAHAT
WALIKOTA TERBAIK DI INDONESIA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Rakerda PAN Kacau, Herman Deru 'Balik Belakang'
Ketua PAN Didesak Mundur, Eko: Legowolah, Itu Lebih Terhormat!
Bertekad Menang Besar Pilkada 2018, Demokrat Ajukan Nama-nama Beken