RMOLSUMSEL

Home     


DORONG PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK SUKSESKAN ASIAN GAMES
RABU, 12 JULI 2017 , 19:10:00 WIB
LAPORAN: SUHARDI

RMOL. Event olahraga berkelas Internasional seperti Asian Games yang hanya diselenggarakan di Palembang dan Jakarta, sangat layak memberi dampak positif bagi masyarakat Sumsel baik dari sisi sosial budaya, investasi ekonomi infrastruktur dan popularitas kewilayahan.

Demikian dikemukakan pemerhati sosial, Bagindo Togar, Rabu (12/7).

"Saya melihat dan mengamati perhelatan besar olahraga level Asia belum direspon secara antusias oleh publik daerah ini, dikarenakan penyelenggara dan pemerintah juga sepertinya masih " direpotkan " oleh tuntutan penyelesaian sarana dan prasarana Asian Games tersebut agar rampung sesuai Jadwal," ujar Bagindo.

Disisi lain, Ketua IKA Fisip Universitas Sriwijaya ini mengatakan, aspek pelaksanaan acara juga butuh penanganan serius dengan mendorong partisipasi masyarakat Sumsel untuk peduli dan merasakan manfaat atas penyelenggaraan event Asian Games di Palembang.

"Persepsi publik Sumsel sebaiknya distimulasi dari kesan " passif apatis " menjadi " aktif kritis ", sehingga kelak publik terserap aspirasi serta perannya untuk turut mensukseskan kegiatan akbar di bidang olahrga ini," tuturnya.

Secara Khusus, bagi pelaku pembangunan ekonomi kerakyatan didaerah,  penyelenggara serta pemerintah selayaknya memberikan bimbingan teknis dan pendampingan dalam hal produk- produk unggulan lokal, baik secara kwalitas, kemasan, kuantitas, pelayanan, varian dan harga.

Bagi para volunter yan kelak di tugaskan oleh Panitia Penyelenggara sangat pantas mengutamakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Lokal, disamping memberi pengalaman  berinteraksi dalam tatanan pergaulan masyarakat Internasional juga saling berbagi pengetahuan serta sallary yang secara ekonomis bermanfaat bagi para relawan.

Untuk itu dia menyarankan, penyelenggaran wajib untuk mampu mempersiapkan sistem seleksi relawan yang fair, teruji, transparan dan berkelas. Dengan Mengedepankan aspek-aspek tingkat pendidikan, berwawasan, attitude yang beretika.

"Tampilan menarik juga mampu menonjolkan kesantunan khas yan berbudaya adat istiadat lokal," pungkas dia. [yip]



Baca juga:
SUKSESKAN PELAYANAN PUBLIK PALEMBANG
GUBERNUR SUMSEL LOUNCHING PPK BLUD BPSDMD DAN MEMBUKA DIKLAT PIM POLA PPK-BLUD
KINERJA BPR DI SUMSEL TIDAK SESUAI ESPEKTASI
CALON ESELON IV HARUS IKUT "ON CLASS" 30 HARI DULU
SEKDA SUMSEL BUKA DIKLAT POLA 150 JAM PELAJARAN


Komentar Pembaca






Berita Populer

Lawan Bali United, Hartono Janjikan SFC Bermain Menyerang
Jepang Sapu Bersih Tiga Nomor
Teknologi Pengaruhi Strategi Dalam Pencak Silat