BATERAI DAN PLASTIK SUDAH KELUAR

Tinggal Benda-benda Tanjam di Dalam Perut Hendro

Ragam  RABU, 12 JULI 2017 , 12:21:00 WIB

Tinggal Benda-benda Tanjam di Dalam Perut Hendro
RMOL.  Kondisi Hendro Wijatmoko, 30, sudah mulai menunjukkan kemajuan. Hendro adalah warga Dusun Pesisir, Situbondo, Jatim yang perutnya banyak berisi benda tajam. Pasien itu mengeluarkan sejumlah benda asing di tubuhnya melalui buang air besar (BAB).

Namun, benda tajam masih ada di dalam tubuh pria yang memiliki penyakit skizofrenia tersebut.

Menurut Kepala Humas RSD dr Soebandi Jember dr Justina Evy Tyaswati, kondisi Hendro memang terus membaik dalam beberapa hari terakhir.

''Sudah membaik. Ususnya sudah bergerak,'' katanya seperti diberitakan JPNN, Rabu (12/7).

Bahkan, ujar Evy, sejak Minggu, Hendro bisa memakan makanan yang disiapkan pihak rumah sakit seperti bubur dan sayur.

''Seperti sudah biasa, kondisinya bagus. Pencernaan bergerak secara normal dan lambung bagus,'' jelasnya.


Selain itu, kondisi perutnya mulai normal dan saluran pencernaannya tidak bengkak. Dengan begitu, perutnya pun mulai kempis jika dibandingkan dengan sebelumnya.  Tak hanya bisa makan, Hendro ternyata sudah bisa buang air besar (BAB). Saat dievaluasi BAB, ditemukan sejumlah benda asing di perut Hendro mulai keluar.

''Benda-benda dalam perutnya sudah berkurang,'' jelas Evy.

Bahkan, pihak rumah sakit sempat melakukan pemeriksaan terhadap feses (kotoran) yang dikeluarkan dari tubuh Hendro.  Yang mencengangkan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihak rumah sakit, di feses Hendro ditemukan benda-benda asing itu.

''Sudah dicek. Ada tutup odol, baterai, dan benda-benda plastik yang bisa dikeluarkan,'' jelasnya.

Jadi, sebagian benda-benda tersebut ternyata bisa mengikuti alur pencernaan di dalam tubuh Hendro hingga dikeluarkan normal melalui kotoran.

Selain itu, kondisi pria pemakan sejumlah benda asing hingga bersarang di perutnya tersebut mulai membaik. Namun, dia mengakui, kondisi Hendro belum sepenuhnya normal.

Sebab, benda-benda asing, khususnya benda tajam, belum sepenuhnya bisa dikeluarkan dari tubuhnya.

Meski demikian, imbuh Evy, sudah ada perkembangan yang cukup signifikan pada pria yang sempat menjalani perawatan kejiwaan di RS Lawang, Malang, tersebut. Setiap saat pihak rumah sakit memantau kondisi pasien yang cukup mendapatkan sorotan dalam beberapa hari terakhir ini.

''Sampai saat ini, RSD dr Soebandi setiap hari melakukan foto polos (rontgen, Red),'' ucap Evy. Jadi, setiap ada perkembangan, perutnya difoto.

''Tampak dari foto rontgen, benda di dalam tubuhnya sudah jarang dan turun. Cuma benda tajam yang tidak bergerak,'' jelas Evy.

Masalahnya, benda tajam sudah bergeser, tapi belum bisa keluar sendiri dari tubuh Hendro. Keberadaan benda-benda itulah yang membuat perut Hendro sering terasa sakit.

Untuk menangani masalah tersebut, menurut Evy, pihaknya menunjuk dua dokter spesialis bedah untuk memberikan tindakan kepada Hendro. Yakni, dr Syamsul dan dr Adi.

''Kesimpulannya harus dilakukan operasi. Kalau bisa, satu dua hari ini (hari ini atau besok, Red) dilakukan operasi,'' terangnya. [ida]



Komentar Pembaca
Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

SELASA, 17 APRIL 2018 , 11:00:00

Rizal Ramli, Sang Ngofa Tidore

Rizal Ramli, Sang Ngofa Tidore

SENIN, 16 APRIL 2018 , 19:00:00

Jalan Cor Batu Kuning Telan Korban”

Jalan Cor Batu Kuning Telan Korban”

SENIN, 12 MARET 2018 , 15:20:00

Cawako-Cawawako Sampaikan Visi Misi

Cawako-Cawawako Sampaikan Visi Misi

SENIN, 19 FEBRUARI 2018 , 10:17:00

Progres Taman LRT

Progres Taman LRT

SELASA, 06 MARET 2018 , 10:59:00