RMOLSUMSEL

Home     


BEKAM JADI GAYA HIDUP, INI PENJELASANNYA
JUM'AT, 07 JULI 2017 , 12:57:00 WIB

BEKAM/NET
  

RMOL. Tubuh kita membutuhkan banyak perawatan. Otot dan sendi menjadi kaku, organ menjadi terlalu banyak bekerja dan menjadi stagnan. Di sinilah bekam berfungsi.

Bekam berada di wilayah yang sama dengan pijat dan akupunktur, yakni pengobatan alternatif. Namun, teknik pengobatan ini relatif masih misterius bagi banyak orang.

Bekam adalah praktik yang umum dilakukan dalam pengobatan tradisional China. Pada dasarnya, cangkir ditempatkan di atas tubuh klien dan panas atau pompa hisap vaccuum ringan digunakan untuk meningkatkan tekanan di dalam cangkir dan pada kulit.

Cangkir diletakkan dengan lembut di atas kulit yang telah diminyaki. Dan tidak seperti pijat, bekam sebenarnya secara aktif melepaskan kompresi.

Sementara studi terbatas telah dilakukan untuk memahami sepenuhnya manfaat dari bekam, banyak peneliti yang telah mengetahui bahwa bekam memperluas kapiler, sehingga lebih banyak darah mengalir ke jaringan sekitarnya.

Itulah sebabnya beberapa orang mengalami luka melingkar dan tidak menyakitkan setelah menjalani bekam.

Tapi apa sebenarnya manfaat bekam untuk kesehatan? Berikut ini penjelasannya seperti dilansir dari JPNN hari ini:

1. Meningkatkan aliran Qi

Sama seperti dengan akupunktur, bekam mempromosikan aliran Qi Anda atau energi gaya hidup.

Banyak praktisi kesehatan mengklaim bahwa bekam bisa membantu menarik racun dan cairan stagnan keluar dari jaringan tubuh Anda, sehingga mendorong tubuh untuk menggantinya dengan sirkulasi cairan segar.

2. Mengurangi rasa sakit

Penelitian telah menemukan bahwa bekam secara signifikan bisa mengurangi rasa sakit pada mereka dengan masalah punggung bawah.

Dengan memperbaiki sirkulasi di area yang menyakitkan, bekam bekerja dengan kuat untuk mengurangi peradangan.

Seakan itu belum cukup, jika Anda memiliki hari yang berat, bekam bisa mengatasi rasa sakit dan mempercepat pemulihan dengan mengurangi penumpukan asam laktat di otot.

3. Meningkatkan relaksasi

Dengan menenangkan sistem saraf pusat, bekam adalah pilihan yang terbaik. Sama seperti akupunktur, sesi bekam bisa mengurangi stres, kecemasan dan depresi.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bekam juga bisa meningkatkan sirkulasi getah bening.

Kelenjar getah bening adalah bagian besar dari sistem kekebalan tubuh Anda karena membantu membersihkan racun dan limbah tubuh Anda.

Dengan menggunakan bekam di area tubuh yang kaku atau stagnan, sirkulasi getah bening akan menjadi jauh lebih baik.

5. Memperbaiki masalah pencernaan

Apa pun yang bisa mengurangi stres juga akan bisa memperbaiki gangguan pencernaan. Tentu saja, peningkatan aliran darah ke daerah pencernaan juga bisa sangat bermanfaat.

Bekam bukan hanya untuk atlet elit. Bekam bisa menjadi alat yang berguna, bersama dengan teknik barat dan timur lainnya seperti akupunktur dan pijat.

Bicaralah dengan profesional bodywork Anda dan diskusikan apakah bekam adalah pengobatan yang menguntungkan yang ingin Anda coba. [ida]


Baca juga:
RUAPNYA, BEGINI CARA MANDI YANG BAIK DAN BENAR.......
GARA-GARA PARKIR, PEGAWAI TERAPI BEKAM DIGOROK


Komentar Pembaca






Berita Populer

Jadikanlah Makan Pisang Bagian Gaya Hidup