RMOLSUMSEL

Home     


USAI LEBARAN, PERMOHONAN PERNIKAHAN MENINGKAT
LAPORAN: EDWINSAH SATRIA
JUM'AT, 07 JULI 2017 , 09:46:00 WIB

RMOL. Pasca hari raya Idul Fitri atau di bulan Syawal ini, permohonan pernikahan oleh masyarakat Kota Muara Enim mengalami peningkatan dari sebelumnya. Hingga kini, sudah tercatat sebanyak 53 pasangan calon pengantin mendaftarkan pernikahan mereka ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Muara Enim.

"Selama bulan Juli ini sudah ada 53 pasangan calon pengantin mendaftar untuk melangsungkan akad nikah. Dari total keseluruhan, 50 pemohon mendaftar untuk dinikahkan di kediaman calon pengantin, sisanya 3 pemohon memilih menikah di balai nikah KUA," jelas Kepala KUA Kecamatan Muara Enim, Khairul Fahmi melalui Penghulu, Marshal, Jumat (7/7).

Meningkatnya permohonan pernikahan usai lebaran, diakui Marshal, memang setiap tahunnya terjadi. Hal ini lantaran banyak calon pasangan pengantin yang menunda untuk melangsungkan pernikahan di bulan Ramadan. "Sepanjang bulan Juni kemarin atau saat Ramadan, hanya ada 4 pasangan saja yang menikah," sebut dia.

Sedangkan adanya anggapan masyarakat bahwa menikah di bulan Syawal atau usai lebaran sangat baik sehingga permohonan pernikahan meningkat signifikan. Ia justru tidak sependapat. "Sebenarnya setiap bulan itu baik semua. Dan yang lebih baik lagi justru menikah di bulan Ramadan," katanya.

Tingginya angka permohonan pernikahan ini, sambungnya, tidak membuat pihaknya kewalahan karena sudah terjadwal. "Kami hanya minta kepada calon pasangan pengantin untuk disiplin. Jika jadwal pernikahan digelar jam 8.00 pagi, maka 15 menit sebelumnya semua sudah harus siap. Karena sehari kami terkadang harus menikahkan 2 hingga 3 pasangan bahkan lebih," pintanya   

Lebih lanjut, dirinya merinci, bahwa sepanjang 2017 ini, permohonan pernikahan di KUA Kecamatan Muara Enim relatif stabil. Pada Januari lalu, ada 40 pasangan pengantin yang mengajukan untuk dinikahkan, sedangkan Februari sebanyak 31 pasangan, Maret 33 pasangan, April 39 pasangan, Mei 35 pasangan dan Juni hanya 4 pasangan saja. [yip]


Baca juga:
PEMERINTAH SEPELEKAN KEKUATAN RIZIEQ SHIHAB
MENTERI BUDI: JUMLAH PEMUDIK 2017 MENINGKAT 2,44 PERSEN
HENTIKAN KASUS KAESANG, POLRI TIDAK PROFESIONAL DAN TAKUT PADA ANAK PRESIDEN
KPK YANG ABU-ABU BISA JADI ALAT TAWAR MENAWAR POLITIK
DITINGGAL KULIAH, KOSAN MAHASISWI DIBONGKAR MALING


Komentar Pembaca






Berita Populer

Rayakan HUT Ke-69 , Polwan Prabumulih Sumbangkan Kaki Palsu
Siap-siap Macet, Simpang Charitas Ditutup 20 Agustus
Legislator Sumsel : Kalau Aku Maunya Masuk Palembang