Palembang Sangat Strategis Setelah Bali

Alasan Utsawa Digelar Juga Karna Sriwijaya

Olahraga  KAMIS, 06 JULI 2017 , 18:58:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Alasan Utsawa Digelar Juga Karna Sriwijaya
RMOL. Umat Hindu bekerjasama dengan Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu dan pemprov Sumsel, menggelar kegiatan Utsawa Dharma Gita tingkat nasional XIII tahun 2017 di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) 6-10 Juli.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kitab suci Weda beserta susastra Hindu. Selain itu bertujuan untuk meningkatkan Sradhha dan bhakti serta memantapkan kerukunan umat Hindu.

Bahkan dipilihnya Palembang, sebagai tuan rumah pelaksanan ke-13 tidak lepas dari peran Gubernur yang sangat membuka kepada seluruh umat agama untuk mengadakan kegiatan di Sumsel.

"Kita sudah bertemu dengan seluruh tokoh 6 agama dimana setelah diberi pengertian maka bisa dilaksanakan, selain itu di Palembang seluruh umat beragama hidup rukun dan tenteram maka dipilihlah Palembang," jelas ketua panitia, I Wayan Budha, Kamis (6/7).

Dasar lain diselenggarakan di Sumsel juga, banyaknya umat Hindu baik di daerah transmigrasi dan di Palembang meskipun anak Bali namun sudah menjadi anak Palembang, serta kota Palembang sangat strategis di luar Bali.

Ia menambahkan, selain itu kegiatan Utsawa Dharmagita untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab Weda dan nyanyian-nyanyian keagamaan Hindu. Memperluas wawasan, dan menemukan solusi terbaik terhadap berbagai permasalahan dalam Dharmagita.

"Umat Hindu memahami kitab suci maka harus menularkan nilai etika dan karakter kepada masyarakat Hindu lainnya, maka sangat penting kegiatan ini," ujarnya.

Dalam kegiatan akan diikuti sekitar 1.511 orang dari seluruh provinsi se-Indonesia minus Kalimantan Utara. Adapun lomba yang digelar mulai dari pembacaan Sloka, kidung, Dharma wacana dan menghafal Sloka yang diikuti mulai tingkat SD sampai SMA.

Sementara, Sekretaris Dirjen Bimas Hindu, I Made mengakui diselenggarakan di Palembang karena melihat histori kerajaan Sriwijaya yang pernah ada dan dinilai sangat kental membuat pihaknya terinspirasi mengadakan di Palembang.

"Palembang sangat lengkap mulai dari tempat dan lainnya, selain itu ada pameran juga baik produk maupun kegiatan Hindu lainnya saat kegiatan ini," pungkasnya.[rel/rik]

Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00