RMOLSUMSEL

Home     


SEMEN BATURAJA TANDATANGANI KONTRAK JANGKA PANJANG DENGAN PT BA
RABU, 21 JUNI 2017 , 13:35:00 WIB
LAPORAN: ERIK OKTA

  

RMOL. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk bersama PT Bukit Asam (Persero) Tbk menandatangani kontrak pengadaan batubara jangka panjang selama 3 tahun yang terhitung sejak Juni 2017 hingga Mei 2020 dengan total batubara mencapai 1,69 juta ton.

Penandatanganan dari pihak Semen Baturaja dilakukan langsung oleh Direktur Utama, Rahmad Pribadi dan Plt. Direktur Niaga PTBA Joko Pramono bertempat di Hotel Arista Palembang, Selasa (20/06/2017).

Penandatanganan ini dilakukan dalam rangka menjamin ketersediaan pasokan batubara yang dibutuhkan oleh Perseroan sekaligus meningkatkan efisiensi dengan harga batubara yang lebih murah.

Sebelumnya, Semen Baturaja menggunakan batubara milik bukit asam dengan kalori 6.300 kcal/kg. Dengan beroperasinya Pabrik Baturaja II, Semen Baturaja memiliki coal mill baru yang dapat menggunakan batubara dengan kalori yang lebih rendah, yang juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Pabrik Baturaja I sehingga Perseroan tidak lagi menggunakan batubara dengan kalori yang tinggi.

Kontrak pengadaan batubara ini terdiri dari produk Bukitasam-45 dengan kalori 4.500 kcal/kg sebanyak 1.090.000 ton dan Bukitasam-55 dengan kalori 5.500 kcal/kg sebanyak 603.000 ton.

Perseroan tidak ragu untuk menandatangani kontrak secara jangka panjang dengan melihat bahwa batubara merupakan bahan bakar yang sangat dibutuhkan dalam proses produksi semen, selain juga listrik.

Selain itu, dengan adanya kontrak ini Perseroan memperoleh harga batubara yang lebih bersaing dengan industri semen lain karena jangka waktu kontrak yang relatif panjang. Kontrak pengadaan batubara ini sekaligus merupakan bentuk sinergi BUMN yang akan sama-sama memperkuat posisi Semen Baturaja dan Bukit Asam sebagai produsen semen dan produsen batubara terbesar di Sumatera Bagian Selatan. [yip]


Baca juga:
SEGINI KEUNTUNGAN JASA PENUKARAN UANG BARU DI PINGGIR JALAN
INI PROGRAM MUDIK 2017 BAGI PELANGGAN SETIA TELKOMSEL
LANGSUNG LUDES DALAM SEKEJAP
BANGUN PAGARALAM IDA MINTA BANTUAN GUBERNUR
PASAR MURAH BANTU MASYARAKAT DAPATKAN SEMBAKO


Komentar Pembaca






Berita Populer

Kira-kira, Seginilah Besaran Gaji PPK
Gubernur Sumsel Promosikan JSC di Konferensi Internasional
Los Pasar Induk Bukan Milik Pedagang, Wabup: Saya Tahu..