RMOLSUMSEL

Home     


PBB: 65 JUTA ORANG MENJADI PENGUNGSI DI SELURUH DUNIA SAAT INI
SENIN, 19 JUNI 2017 , 17:25:00 WIB

  

RMOL. PBB memperingatkan bahwa saat ini ada sekitar 65,6 juta orang yang merupakan pengungsi, pencari suaka, atau pengungsi internal di seluruh dunia.

Per akhir 2016 lalu, ada peningkatan sekitar 300 ribu pengungsi dan pencari suaka bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ini adalah kenaikan yang lebih kecil bila dibandingkan dengan periode 2015 ke 2015, saat angka naik menjadi lima juta.

Namun komisaris tinggi PBB untuk pengungsi Filippo Grandi mengatakan bahwa ini masih merupakan kegagalan diplomasi internasional yang menyedihkan.

"Dunia nampaknya tidak bisa berdamai," kata Grandi.

"Jadi Anda akan melihat konflik lama yang terus berlanjut, dan konflik baru meletus, dan keduanya menghasilkan perpindahan, perpindahan paksa adalah simbol perang yang tidak akan pernah berakhir," sambungnya seperti dimuat BBC.

Grandi juga memperingatkan bahwa beban tersebut ditempatkan di banyak negara termiskin di dunia, karena sekitar 84 persen orang terlantar di dunia tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah dan miskin.

"Bagaimana saya bisa meminta negara-negara dengan sumber daya yang jauh lebih sedikit, di Afrika, di Timur Tengah, di Asia, untuk membawa jutaan pengungsi jika negara-negara kaya menolak melakukannya?" sambungnya.

PBB mengatakan bahwa pihaknya berharap jumlah pemindahan rekor hari Senin akan mendorong negara-negara kaya untuk berpikir ulang agar tidak hanya untuk menerima lebih banyak pengungsi, namun juga untuk berinvestasi dalam promosi perdamaian, dan rekonstruksi. [mel]


Baca juga:
TOL PALINDRA TETAP DIBUKA
PRESIDEN SIAPKAN PERPRES
BATALKAN KEBIJAKAN MENTERI MUHADJIR, JOKOWI SIAPKAN PERPRES
SUDAH DIBUKA, TOL PALINDRA MASIH BERPOTENSI AMBLAS
TOLAK REKONSILIASI VERSI SRI BINTANG, CABUT MANDAT JOKOWI-JK!


Komentar Pembaca






Berita Populer

Anggota PPS OKU Dapat "Lokak Laen"
Clara Adukan Dajjal ke Polisi
Struktur Humas Polda Kini Berubah