RMOLSUMSEL

Home     


GANDENG UNDP, PEMKAB MUBA BENTUK TABUNGAN RAKYAT
KAMIS, 15 JUNI 2017 , 15:31:00 WIB
LAPORAN: HAFIZ AL - FANGKY

  

 RMOL. Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memiliki luas area 14.264.96 km2 terdiri dari 14 Kecamatan. Jumlah penduduk 611.510 jiwa pada tahun 2015.  Sebanyak 80 persen APBD berasal dari dana bagi hasil minyak dan gas  (migas) sisanya dari panedapatan asli daerah, dana alokasi khusus, dan dana alokasi umum.

Atas dasar besarnya sumber APBD dari dana bagi hasil migas inilah,  Pemerintah Kabupaten Muba akan membentuk tabungan rakyat dengan menggandeng United Nation Development Programme (UNDP) Indonesia. Langkah ini  untuk mengantisipasi menurunnya sumber daya alam Bumi Serasan Sekate.  

"Selain itu infrastruktur dasar menjadi prioritas utama kami, dari pembangunan jalan, listrik hingga air bersih. Oleh karena itu kajian yang mendalam dalam pembentukan tabungan rakyat ini dinilai sangat penting dalam membagi dana untuk pembangunan dengan saving kita bagi masyarakat kedepan," ujar Bupati Muba Dodi Reza Alex saat menerima audiensi Tim UNDP, di Ruang Rapat Bupati Muba, Kamis (15/6)

Menurutnya, Pemkab Muba akan mendukung apapun yang dibutuhkan UNDP dalam menggagas pembentukan tabungan rakyat Muba, beliau juga jika perlu akan berkonsultasi dengan daerah-daerah ataupun negara-negara yang sudah berpengalaman dalam hal tersebut.

Sementara itu Ketua Tim UNDP Abdul Wahid Situmorang dalam paparannya mengatakan tabungan rakyat Muba menggagas sebuah konsep dana bagi hasil atau dana abadi yang berasal dari dana bagi hasil migas, bertujuan dapat membantu pemerintah mengelola pendapatan dari minyak bumi, gas alam, dan mineral dengan lebih baik. Ia juga mengatakan dana sumber daya alam dapat digunakan untuk menutupi defisit anggaran ketika pendapatan sumber daya turun.

"Kajian lebih mendalam dan menyeluruh tengah dipersiapkan, ini meliputi kajian diantaranya, kapasitas fiskal, potensi corak ekonomi, komoditas dan berkelanjutan, model kelembagaan pengelolaan dana, opsi-opsi investasi, dan kajian hukum. Dengan hasil yang diharapkan dapat dijadikan bahan pengambilan keputusan dan membantu memformulasi tujuan yang kuat," paparnya.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Plt Sekda  Muba Drs H Apriyadi MSi, para asisten, dan kepala OPD terkait. [ida]


Baca juga:
MUBA CANANGKAN PROGRAM MUBA CERDAS HUKUM
H-7 KENDARAAN BERTONASE DILARANG MELINTAS
PEMKAB MUBA BAHAS PERSIAPAN HARI RAYA IDUL FITRI
MUBA BERTEKAD GELAR TURNAMEN GALA DESA SUPER MERIAH
BUPATI LAKUKAN KUNJUNGAN, MUBA SEGERA MILIKI 1 RS TIPE B DAN 2 TIPE C


Komentar Pembaca






Berita Populer

Harno: Bank Palembang Harus Seperti Bank SumselBabel
Sidak Stok Ketersediaan Sembako, Bupati OKU Marah Besar!
Lapang.. Guru di Pagaralam Akan Terima Sertifikasi