RMOLSUMSEL

Home     


WALIKOTA BERIKAN THR BAGI SELURUH PEGAWAI HONORER
SELASA, 13 JUNI 2017 , 15:31:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

RMOL. Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terhadap tenaga Honorer, Walikota Palembang, Harnojoyo membuat kebijakan untuk memberikan gaji ke-13 bagi seluruh non Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya.

Kepada RMOL Sumsel, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang menerangkan, gaji-13 yang diberikan Pemkot Palembang kepada seluruh pegawai non PNSD adalah, bentuk kebijakan Walikota untuk memberikan tunjangan hari raya kepada seluruh pegawainya.

"Jika PNS atau yang sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) mendapat gaji ke-13, Walikota juga meminta agar non PNSD juga mendapatkan hal yang sama," terangnya.

Hoyin menerangkan, untuk besaran anggarannya, saat ini pihaknya masih menunggu pengajuan masing-masing OPD. Karena, pemberian gaji ke-13 tersebut berdasarkan pengajuan.

"Anggaran yang disiapkan berdasarkan jumlah honorer yang terdata di Badan Kepegawaian," sampainya.

Lebih lanjut disampaikan Hoyin, saat ini anggaran yang sudah tersedia untuk pembayaran gaji ke 13 bagi PNS sebesar Rp80 miliar dan Rp80 miliar untuk gaji ke-14 jadi total dananya itu ada Rp160 miliar.

Untuk non PNSD, jika tahun lalu ada sekitar 24 ribu pegawai, artinya anggaran yang disediakan jika disesuaikan dengan gaji, BPKAD menyiapkan anggaran sekitar Rp36 miliar.

"Untuk besarannya setiap pegawai honor mendapatkan satu bulan gaji, yakni sebesar Rp1,5 juta. Artinya jika dikali kan 24 ribu pegawai kami harus sediakan Rp36 miliar," ulasnya.

Hoyin menerangkan, pihaknya memastikan segera membayarkan gaji ke-13 bagi non PNSD pada H-7 sebelum lebaran, berbarengan dengan pembayaran gaji ke-14 dan 13 PNS sesuai dengan instruksi Kemenkeu.

"Ini adalah kebijakan pemerintah, jadi semua pegawai mendapatkan hak yang sama. Karena hal ini sudaj sesuai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang dimiliki," tandasnya.

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, bukan hanya fokus dalam pemberian gaji ke-14 untuk aparatur sipil negara (ASN) namun juga kepada pegawai yang statusnya belum NS atau honorer.

Tahun ini, honorer di lingkungan Pemkot Palembang akan mendapat THR seperti para PNS lainnya. "THR yang diterima honorer ini sama dengan gaji ke-14 yang diterima PNS. Besarannya sekitar satu bulan gaji yang diterima biasanya," kata Walikota Palembang, Harnojoyo.

Ia mengatakan, adanya kebijakan tersebut dikarenakan ingin meratakan atau berupaya mensejahterahkan pegawai di lingkungan Pemkot Palembang.

"Kita tidak ingin membedakan. Kalau hanya PNS yang terima gaji ke-14, maka para tenaga honorer akan gigit jari. Karenanya kami bertekad untuk mengeluarkan THR bagi mereka yang anggarannya berasal dari keuangan daerah," kata dia.

Harnojoyo menerangkan, sudah berkoordinasi dengan semua pihak untuk pencairan THR bagi tenaga honorer ini. Pencairannya pun masih menunggu SK Walikota yang akan diterbitkan.

"SK ini sudah ada, tinggal saya tandatangani. Insya Allah pencairannya nanti bersamaan dengan keluarnya gaji ke-14 yang diterima PNS," sampainya.

Adapun THR yang diberikan untuk tenaga honorer itu diharapkan Harnojoyo menjadi berkah sendiri bagi masing-masing pegawai honorer itu dalam bersiap menjelang lebaran. Ia mengimbau agar THR itu dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

"Kita menerapkan pemberian THR ini agar pihak lain, khususnya perusahaan swasta juga dapat menjadikan ini sebagai contoh. Kita akan berikan surat edaran kepada semua perusahaan yang memiliki tenaga kerja agar memberikan THR sesuai dengan ketentuan yang ada," terang Harnojoyo.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa menerangkan, saat ini tenaga non PNSD di Kota Palembang ada sebanyak 2.920 orang tenaga honorer Namun untuk mekanisme pembayaran THR, para tenaga honorer masih menunggu SK Walikota Palembang tersebut.

"Semua tenaga honorer dapat gaji tamabahan satu bulan gaji sebelum lebaran ini. Dan ini adalah bentuk perhatian Walikota, agat dapat dimanfaatkan saat hari besar agama tersebut," tandasnya. [sri]


Baca juga:
AWAS! SWALAYAN DI LAHAT MASIH SIMPAN MAKANAN BERBAHAYA
OH...GAJI 13-14 PNS PRABUMULIH TAK BISA DIBAYARKAN
HARNOJOYO MINTA OPD TERKAIT BERIKAN PERHATIAN KHUSUS
HONORER PEMKOT PALEMBANG DAPAT JAMINAN KESEHATAN-KETENAGAKERJAAN
PEGAWAI DINAS PERUMAHAN PALEMBANG TERANCAM TAK DAPAT THR


Komentar Pembaca






Berita Populer

Ditarget 200 Medali Emas, Bonus Melimpah Menanti Atlet Palembang
Palembang Kini Punya 5.843 Kader Lingkungan
Tahun Depan, Pemkot Palembang Buka Mall Pelayanan Publik