RMOLSUMSEL

Home     


MAHKAMAH AGUNG KABULKAN KASASI PT BA KASUS PHK
LAPORAN: EDWINSYAH
SENIN, 12 JUNI 2017 , 20:58:00 WIB

  

RMOL. Setelah lama menunggu, akhirnya Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan manajemen PT BA Tbk Tanjung Enim pada perkara Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), terhadap mantan karyawannya Senen B Karsam, warga Jalan Dol Rasyid, RT 05, Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim.

Putusan kasasi tersebut bernomor 776K/Pdt.Sus-PHI/2016. Putusan kasasi itu ditanda tangani hakim Ad Hoc PHI  Mahkamah Agung yang menangani perkara itu yakni Dwi Tjahyo Soewarsono SH MH, Dr Fauzan SH MH, Dr Irfan Fachruddin SH CN dan Panitera Pengganti, Maftuh Effendi SH MH.

Sebelumnya, Senen B Karsam, telah menggugat manajemen PT BA Tbk Tanjung Enim, ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Kelas I A Palembang atas keputusan PHK yang dilakukan PT BA kepadanya.

Keputusan PHK yang dilakukan manajemen PT BA kepada tergugat, berdasarkan Laporan Budiono tanggal 10 Juni 2014 kepada manajemen PT BA selaku tergugat.

Budiono melaporkan perbuatan asusila penggugat  terhadap istrinya bernama Sri Mulyani.  Lalu penggugat melalui Penasehat Hukumnya, M Husni Chandra SH M Hum dan rekan, menggugat putusan PHK yang dilakukan manajemen PT BA ke Pengadilan  Hubungan Industrial (PHI).

Pada sidang di PHI tersebut, majelis hakim PHI, mengabulkan atau memenangkan  gugatan tergugat dengan nomor putusan 6/Pdt.Sus-PHI/2016/Pn PLg tanggal 29 Maret 2016.

Atasan putusan tersebut, manajamen PT BA Tbk Tanjung Enim, melalui penasehat hukumnya, Hardiansyah HS SH MM dan rekan mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung.

"Alhamdulilillah, upaya hukum kasasi yang kami lakukan, dikabulkan oleh Mahkamah Agung. Dengan adanya putusan kasasi ini, maka perkara tersebut sudah mempunyai kekuatan hukum tetap," jelas Hardiansyah SH bersama rekannya, Weli SH, Senin (12/6).

Menurutnya, dengan dikabulkannya permohonan kasasi tersebut, maka pelaksanaan PHK yang dilakukan manajamen PT BA kepada penggugat sudah memenuhi semuai ketentuan yang disasarkan dalam UU ketenagakerjaan. "Semua hak hak penggugat pada saat dilakukan PHK telah dipenuhi oleh pihak PT BA," pungkasnya. [yip]


Baca juga:
AWAK MEDIA DIKIBULIN PETUGAS SAAT HENDAK LIPUT MAYAT DI KILANG MINYAK
YUK IKUT MEMBINA TAHFIDZ QURAN LEWAT PEMBANGUNAN JEMBATAN
BI SEDIAKAN RP2 MILIAR UNTUK PENUKARAN UANG BARU JELANG LEBARAN
PEMPROV SUMSEL PANGKAS DANA PILGUB
MAYAT MR X DITEMUKAN DI KILANG MINYAK PERTAMINA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Orang Ini Disebut Juara 1 Koruptor di Indonesia
Ida Fitriati Jadi Calon Tunggal PBB
Dua Penguasa Pagaralam Bersaing Tunggu SK PBB