Siaga Karhutla, Rabu Sore Sumsel Launching TMC-Water Bombing

Politik  SENIN, 05 JUNI 2017 , 22:25:00 WIB | LAPORAN: AAN WAHYUDI

Siaga Karhutla, Rabu Sore Sumsel Launching TMC-Water Bombing

tmc/net

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi perhatian serius oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel).

Meski memasuki awal 2017 Pemprov Sumsel  telah menetapkan status siaga darurat asap, upaya tersebut masih dirasa belum cukup.  Upaya penanggulangan karhutla yang melibatkan seluruh stakeholder mulai dari Pemerintah Pusat, Pemda, TNI/Polri dan seluruh lapisan masyarakat bakal diperkuat dengan dimulainya operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dan Water Bombing, yang dalam waktu dekat segera dilaunching.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Iriansyah mengatakan, melalui operasi udara dengan mengupayakan hujan buatan, diharapkan akan dapat menjangkau daerah-daerah yang jauh dari jangkauan penanganan pasukan darat, khususnya daerah lahan gambut.

"Dengan hujan buatan, lahan gambut akan tetap basah," tegasnya, Senin (5/6).

Launching TMC dan Water Bombing rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (7/6), berdasarkan surat Keputusan Gubernur Nomor : 85/KPTS/BPBD-SS/2017 tentang penetapan status siaga darurat bencana asap. Acara tersebut rencananya akan digelar di Halaman Base Ops Lanud SMB Palembang, Pukul 15.30 WIB.

Rencana operasi TMC dan Water Bombing bakal didukung oleh pesawat Cassa 212, bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah datang di Palembang Sabtu (3/6/2017). Apalagi, potensi awan yang ada, mendukung dilakukannya hujan buatan dilakukan.

Kapasitas pesawat Cassa dalam sekali angkut, 1 ton garam, lalu ada jenis helikopter yang akan digunakan yakni MI 17 ada 2 unit, Bel 214 dan tipe Bolko.

"Semuanya akan digunakan saat melaksanakan TMC," katanya. [ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00