RMOLSUMSEL

Home     


KADES DILARANG SALAHGUNAKAN WEWENANG, INI DASAR HUKUMNYA..
SABTU, 20 MEI 2017 , 08:45:00 WIB
LAPORAN: HAFIZ AL - FANGKY

KABAG HUKUM SETDA MUBA DICKY MERIANDO/RMOLSUMSEL/HAFIZ AL FANGKY
  

RMOL. Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Dicky Meriando menegaskan kades dilarang keras menyalahgunakan wewenang jabatanya.

Sesuai yang diatur dalam undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dalam kaitannya dengan UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

" berdasarkan asas hukum Administrasi Negara dinyatakan bahwa tiada kewenangan tanpa undang-undang dan tiada kewenangan tanpa pertanggungjawaban, oleh karena itu ia menekankan agar Kepala Desa benar-benar memahami wewenang yang dimilikinya berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa." kata Dicky kepada RMOLSumsel, Sabtu (20/5).

Dicky menambahkan, setiap keputusan atau tindakan Kepala Desa harus berdasarkan wewenang yang diberikan oleh Peraturan Perundang-undangan dan Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik.

Lanjutnya, Kepala Desa dilarang menyalahgunakan wewenang dalam menetapkan keputusan atau melakukan tindakan. Oleh karena itu, Kepala Desa harus memahami pula UU Administrasi Pemerintahan agar terhindar dari perbuatan menyalahgunakan wewenang.

Selain itu, dalam UU No. 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan dijelaskan bahwa ada tiga kategori penyalahgunaan wewenang, yaitu kategori melampaui wewenang, kategori mencampuradukan wewenang dan kategori sewenang-wenang.

"Keputusan atau tindakan pejabat pemerintahan yang ditetapkan bukan oleh pejabat yang berwenang dan melampaui wewenang atau bertindak sewenang-wenanh merupakan keputusan/tindakan tidak sah, tidak mempunyai daya mengikat dan segala akibat hukum yang timbul dianggap tidak ada," imbuhnya.[rik]


Baca juga:
ANTASARI PERTANYAKAN BARESKRIM HENTIKAN KASUSNYA
PEMKAB MUBA SIAP BANTU PLN PANGKALAN BALAI
MAU MENDAFTARKAN PT DI KEMENKUMHAM, INI PROSEDURNYA
PJ BUPATI MUBA PANGGIL 65 PERUSAHAAN
WACANA SUMSEL HANGTUAH KEMBALI KE MUBA SEMAKIN KUAT


Komentar Pembaca






Berita Populer