RMOLSUMSEL

Home     


BIDIK 1.700 TKS SEBAGAI PESERTA BPJS
JUM'AT, 19 MEI 2017 , 17:18:00 WIB
LAPORAN: DELTA HANDOKO

SOSIALIASI MANFAAT JAMSOSTEK/RMOLSUMSEL/DELTA HANDOKO
  

RMOL. Guna memberikan pemahaman pentingnya jaminan kesehatan terhadap keselamatan pekerja,  BPJS Ketenagakerjaan KCP Lahat menggelar sosialisasi mengenai manfaat menjadi peserta kesehatan transformasi dari jamsostek (jaminan sosial tenaga kerja), di Ruang Rapat Besemah II, Sekretariat Daerah Pemkot Pagaralam, Jum'at (19/5)

Kegiatan dihadiri Wakil Walikota Pagaralam, Novirzah Djazuli SE sekaligus membuka kegiatan. Dirinya menyambut baik program BPJS Ketenagakerjaan, memenuhi amanat  UU No 24 tahun 2011 pasal 14, setiap orang termasuk orang asing yang bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia wajib menjadi peserta program jaminan sosial. Juga, Peraturan Presiden No 109 tahun 2013 bahwa pemberi kerja, penyelenggara negara wajib mendaftarkan para pekerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

“Sosialisasi ini dapat mendukung dan memfasilitasi program BPJS Ketenagakerjaan, dalam hal ini para tenaga kerja sukarela (TKS) dilingkungan Pemkot Pagaralam menjadi peserta,” katanya Wakil Walikota Pagaralam Novirzah Djazuli

Sementara, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pagaralam,Isa Albasyara mengatakan, TKS yang ada disejumlah SKPD di lingkungan Pemkot, ada sekitar 1.700 orang. Terkait tenaga kerja sukarela yang ada menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, masih akan dipelajari terlebih dahulu.

“Jumlahnya akan kembali kita data. Sebab, di lapangan sendiri masih ada TKS tidak hanya belum memiliki SK dari kepala SKPD, bahkan ada yang menerima gaji setiap bulannya dengan nilai Rp.500 ribu,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, tidak hanya itu, sistem  pembayaran (premi) setiap bulannya apakah ditanggung Pemkot melalui APBD atau dari melalui anggaran masing-masing SKPD.

“Yang jelas akan kita pelajari dan akan kita sosialisasikan ke SKPD yang ada,” katanya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Lahat, Agus Theodarus PM mengatakan, mengenai manfaat program jaminan ketenagakerjaan, peserta bisa mendapat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Manfaat keempat jaminan ini bagi peserta Mandiri. Sedangkan bagi TKS, hanya mendapat manfaat berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, karena bukan peserta mandiri,” pungkasnya.[rik]


Baca juga:
MAU JADI CAWAKO INDEPENDEN, KUMPULKAN 26 RIBU KTP
SA SUPRIONO PIMPIN ICMI ORDA BANYUASIN
YANG MAU NYALON, NIH JADWAL DAN SYARATNYA!
PUTRINYA DIGITUIN DUKUN CABUL, IBU INI TERPAKU SAJA DI LUAR
DI PAGARALAM, 20 PERSEN SEKOLAH PERLU DIREHAB


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Pedagang Jualan Di Jalan Bayar, Petugas Gabungan OKU "Manyun"
Jelang Ramadan Harga Ayam Potong Naik di Pasaran
Ribuan WBR dan Anak Yatim Terima Sembako