RMOLSUMSEL

Home     


BAWANG PUTIH MAHAL, IRT DI OKU BERHEMAT PAKAI..
JUM'AT, 19 MEI 2017 , 15:15:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

BAWANG PUTIH/RMOLSUMSEL/M WIWIN
  

RMOL. Menjelang Ramadhan, sejumlah kebutuhan bahan pokok di pasaran tradisional Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengalami kenaikan. Yang cukup signifikan naik, salah satunya terjadi pada harga bawang putih

Berdasarkan pantauan RMOLSumsel, Jumat (19/5) di pasar atas dan pasar baru Baturaja, harga bawang putih di dua pasar ini sudah mencapai Rp50 ribu hingga Rp60 ribu perkilogram.

Padahal sebelumnya, harga bawang putih itu hanya berkisar antara Rp30 ribu – Rp35 ribu perkilogramnya.

Kenaikan serupa juga dialami bawang merah, kendatipun tidak se-drastis harga bawang putih. Saat ini harga bawang merah berkisar Rp28 ribu – Rp30 ribu perkilogram. Padahal sebelumnya harga bawang merah Rp 25 ribu perkilogram.

Dengan mahalnya harga salah satu bumbu masakan itu di pasaran, membuat  pembeli berbagai jenis bawang jadi berkurang.

Kalaupun ada pembeli, konsumen yang sebagian besar ibu-ibu rumah tangga hanya membeli bawang putih dalam porsi yang sedikit, dengan alasan berhemat.

Seperti disampaikan ibu Lis, salah satu ibu rumah tangga yang sedang belanja bawang putih di pasar atas Baturaja. “Ya, mahal semua mas. Apalagi bawang putih. Mau tidak kita mesti berhemat. Dari biasa beli sekilo, jadi setengah saja,” ungkapnya.

Selain konsumen, keluhan serupa juga disampaikan oleh pedagang. Dengan mahalnya harga bawang putih ini, mereka (pedagang,red) mengaku pasaran menjadi sepi. “Pembeli berkurang Pak. Pasaran sepi,” ujar ibu Ida, pedagang bawang di pasar atas Baturaja.

Selain itu, beberapa pedagang lain juga mengakui mengalami kesulitan akibat kekurangan pasokan.

Pedagang memperkirakan, kenaikan berbagai bahan pokok tak sampai disini saja. Semakin mendekati lebaran, harga-harga kebutuhan pokok di pasaran dipastikan terus merangkak naik.[rik]


Baca juga:
WARGA DESA DESAK GIRI RAMANDA JADI GUBERNUR SUMSEL
PASANG "SUSUK" GRATIS
350 WNA IKUTI ZIARAH KUBRA 1438H
350 WNA IKUTI ZIARAH KUBRA 1438H
SA SUPRIONO PIMPIN ICMI ORDA BANYUASIN


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Pedagang Jualan Di Jalan Bayar, Petugas Gabungan OKU "Manyun"
Jelang Ramadan Harga Ayam Potong Naik di Pasaran
Ribuan WBR dan Anak Yatim Terima Sembako