RMOLSUMSEL

Home     


KEMENDES PDTT TAGIH REALISASI KEGIATAN DANA DESA
RABU, 17 MEI 2017 , 11:39:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

RAPAT KOORDINASI BULANAN/RMOLSUMSEL/M WIWIN
  

RMOL. Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Peninjauan kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) diminta segera merealisasikan kegiatan dana desa tahap pertama. Diawali dengan menentukan titik nol secara bersama. Sebagai tanda dimulainya proyek pembangunan dana desa.

Tak hanya itu, Camat Peninjauan, Feri Iswan juga menekankan setiap desa. Untuk memasang baliho APBDes 2017, yang berisi gambaran umum penggunaan dana desa di masing-masing kantor desa.

"Ini sesuai surat edaran Kementrian Pedesaan dan PDTT. Agar masyarakat mengetahui secara umum kegiatan dana desa," kata Camat Peninjauan, Feri Iswan saat rapat koordinasi bulanan dengan unsur Muspika dan Kades beserta perangkat di gedung serba guna Kecamatan Peninjauan, Rabu (17/5).

Sebab, dalam hal ini Kades dituntut profesional, transparan dan akuntabel dalam penggunaan dana desa. Selain itu Kades juga diminta melengkapi data profil desa. Untuk dijadikan data base desa yang terintegrasi secara komprehensif dalam rangka tata kelola pemerintahan desa.

Kades juga dituntut menggalakkan program pembinaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Salah satunya pembuatan jamban di setiap rumah. Serta stop buang air besar sembarangan (SBAS) menuju kampung sehat.

Untuk penanggulangan bencana dan karhutla agar Kades menyiagakan sekretariat posko karhutla, tim satgas karhutla. Dan membuat himbauan untuk tidak membakar hutan dalam membuka lahan.

Menjelang bulan suci ramadan diharapkan seluruh kades membuat himbauan kepada pemilik rumah makan dan warung. Agar memasang tirai untuk menghormati warga yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Galakkan gotong royong kebersihan lingkungan. Serta melakukan antisipasi tindak kejahatan yang cenderung meningkat dibulan puasa dan lebaran," pungkasnya.[rik]


Baca juga:
WAGUB HADIRI WISUDA PONPES DI'AYATUL ISLAMIYAH
OKNUM HONORER KPU PAKSA PASANGAN ABG MESUM, LALU DIPERAS
PEROMBAKAN AKD MOLOR, BARU DUA FRAKSI SAMPAIKAN USULAN
GARA-GARA RAJIN BERHUBUNGAN, PASANGAN INI MASUK PENJARA
MACRON SENGAJA ANGKAT PM YANG TAK SELALU SEJALAN


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Pedagang Jualan Di Jalan Bayar, Petugas Gabungan OKU "Manyun"
Jelang Ramadan Harga Ayam Potong Naik di Pasaran
Ribuan WBR dan Anak Yatim Terima Sembako