RMOLSUMSEL

Home     


HARGA NAIK, DAYA BELI TURUN SAAT RAMADHAN
RABU, 17 MEI 2017 , 11:09:00 WIB

KEBUTUHAN POKOK/RMOLSUMSEL/EDWINSAH SATRIA
  

RMOL. Hal yang biasa terjadi saat akan memasuki bulan suci Ramadhan, sejumlah kebutuhan pokok terutama bumbu dapur dan sayuran di pasar tradisional Inpres Muara Enim terpantau naik dari hari biasanya. Kenaikan harga berkisar 10-15 persen.

Bawang putih misalnya, biasa dijual para pedagang Rp 40 ribu-Rp 50 ribu kini menjadi Rp 60 ribu/kg. Sedangkan bawang merah naik Rp 10 ribu/kg, dari Rp 30 ribu menjadi Rp 40 ribu/kg.

Efri, seorang pedagang bawang di pasar tradisional Muara Enim, menjelaskan bahwa kenaikan harga terjadi sejak beberapa hari terakhir. Menurut dia, kenaikan sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, seperti bawang merah lantaran saat ini belum masuk masa panen.

“Untuk bawang merah kita jual dari dua daerah, pertama asal Brebes Jawa Tengah, harganya sekarang Rp 40 ribu/kg dari sebelumnya Rp 30 ribu/kg. Sedangkan yang dari Padang Sumatera Barat, saya jual Rp 30 ribu/kg dari biasanya Rp 25 ribu/kg,” urai dia ditemui, Rabu (17/5).

Sementara, kenaikan harga bawang putih yang cukup signifikan karena diimpor dari Cina. “Bawang putih harganya naik cukup tinggi karena memang diimpor dari Cina,” lanjut dia.

Akibat melonjaknya kenaikan harga bawang tersebut, Ia mengaku daya beli konsumen menjadi turun, dampaknya omset jadi berkurang. “Pembeli sepi, kalau pun ada mereka lebih memilih mengurangi pembeliannya,” sebutnya.

Selain bawang, kenaikan harga turut diikuti sejumlah sayuran, seperti kangkung dari biasanya dijual Rp 3 ribu/ikat kini menjadi Rp 4 ribu/ikat. Lalu bayam naik Rp 1 ribu dari Rp 4 ribu/ikat menjadi Rp 5 ribu/ikat. Hal berbeda justru terjadi pada harga cabai, di mana cabai merah kecil masih stabil Rp 30 ribu/kg, cabai merah besar Rp 25 ribu/kg, sedangkan cabai rawit masih Rp 35 ribu/kg.

Salah satu pembeli, Ana (28), yang juga ibu rumah tangga mengaku sangat keberatan dengan naiknya sejumlah harga kebutuhan pokok, terutama bumbu dapur dan sayuran tersebut. “Pilihan kita paling mengurangi jumlah pembelian saja, dari biasa setengah kilogram jadi seperempat, atau minta bagi Rp 10 ribu saja,” ucapnya.[edwinsah/rik]


Baca juga:
OKNUM HONORER KPU PAKSA PASANGAN ABG MESUM, LALU DIPERAS
CERDASLAH TENTANG SEKS, PAHAMI 5 KEBOHONGAN INI
GOLKAR AJAK PDIP BERKOALISI
LANGSUNG 5 KADER SEKALIGUS
PILKADA PALEMBANG 2018, GOLKAR SIAPKAN 5 KADER


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

PT Pertamina EP Asset 2 Bagikan Sembako kepada Anak Yatim
Pertamina Bantu Pembangunan Venue Bowling Rp 42 Milyar
Warga Ngeluh Air PDAM Keruh Bak Kopi Susu