Warga Tak Miliki Sawah

Dewan Lahat Kritik Kinerja Dinas Lamban

Ekonomi  RABU, 17 MEI 2017 , 10:29:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

RMOL. Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Lahat, Drs. Parhan Berza, MM, MBA mengkritik kinerja Dinas Pertanian setempat yang lamban dan dinilai kurang respon terhadap masalah pertanian. Pasalnya, masih ada desa yang tidak memiliki lahan persawahan sebagai sumber pangan warganya.

Dibincangi RMOLSumsel, Rabu (17/5), Parhan mengemukakan, dua desa yang warganya tak memiliki lahan sawah ini yakni Desa Lawang Baru dan Desa Lawang Lama, Kecamatan Muara Payang  yang dihuni sekitar 800 Kepala Keluarga (KK).

Karena tidak memiliki sawah, praktis mata pencarian warga setempat hanya mengandalkan dari berkebun kopi yang hanya panen setahun sekali.

Usai musim panen kopi, kebanyakan warganya bekerja serabutan, selain  menjadi buruh tani sawah di luar desa, sebagian dari mereka juga bekerja di daerah lain  seperti di Pendopo dan Muaraenim upahan bekerja di kebun sawit dan lainnya.

Dikemukakan Parhan, sebenarnya desa yang tidak memiliki sawah ini sudah diketahui sejak tahun 2013 lalu, akan tetapi hingga kini belum ada tindakan kongkrit dari dinas terkait.

Mestinya harus diambil alih Pemkab Lahat dengan bantuan bibit berkualitas dan distribusi pupuk, sehingga warga menjadi lebih giat dan termotivasi untuk menggarap lahan persawahan. Dan, bila perlu membuat program pencetakan sawah.

"Kalau sudah diketahui ada desa yang tidak memiliki sawah, mestinya dibuatkan program khusus, sehingga masyarakat merasakan peran pemerintah melalaui dinas terkait. Jangan membuat program tak jelas," tukas Parhan.[rik]



Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00