RMOLSUMSEL

Home     


PM EDOUARD PHILIPPE SOSOK PENYENDIRI DAN PINTAR
SELASA, 16 MEI 2017 , 14:30:00 WIB
LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

EDOUARD PHILIPPE/NET
  

RMOL. Presiden Emmanuel Macron telah resmi mengangkat Edouard Philippe jadi Perdana Menteri (PM) Prancis. Pilihannya dianggap jeli, karena Philippe diyakini akan mampu menjadi penyeimbang.


Diberitakan Kantor Berita CNN hari ini, Selasa (16/5), Philippe sempat bergabung dalam kampanye presidensial Partai Republik hingga awal tahun ini. Dia mengundurkan diri setelah kandidatnya, Francois Fillon, dilanda masalah dugaan nepotisme.

Sebelum itu, Philippe berkampanye bersama Alain Juppe, rival Fillon dalam pemilihan kandidat Partai Republik yang juga seorang moderat veteran.

Philippe, yang merupakan anak seorang guru, bersekolah di Jerman. Teman-temannya menyebut pandangan moderat Philippe bisa jadi cocok dengan visi Macron dan kecil kemungkinan egoismenya untuk memuncak.

"Dia adalah seorang pekerja, pintar, sedikit penyendiri dan pendiam, tapi solid," kata seorang teman yang enggan ditulis namanya, dikutip Reuters.

Di luar hobi bertinju (dia berlatih tiga kali dalam sepekan), Philippe punya dua kesamaan dengan Macron: lulus dari sekolah elite ENA, dan mengagumi Michel Rocard, perdana menteri Sosialis yang sempat ia dukung saat masih kuliah sebelum berganti haluan politik.

Dia sempat menjadi direktur hubungan publik di grup energi nuklir yang kini sedang kesulitan, Areva, pada 2007 dan 2010 silam.

Berjanggut dan botak, rekan-rekan kerja Philippe menyebutnya sebagai seorang politikus pendiam.

"Dia bukan orang yang akan menepuk pundakmu, tapi dia sangat pintar," kata Benoist Apparu, yang juga jadi juru bicara tim sukses Juppe bersama Philippe.  "Dia sangat cinta hukum dan isu yudisial." [ida]


Baca juga:
MACRON SENGAJA ANGKAT PM YANG TAK SELALU SEJALAN
KAPOLDA BERHARAP PENERIMAAN POLRI TIDAK ADA KASAK KUSUK
BARU DUA SKPD SERIUS TERAPKAN BEBAS PRAKTIK KKN
NETIZEN TUDING PINCA BRI PAGARALAM NEPOTISME DAN SELINGKUHI KARYAWAN
INDEKS BIROKRASI RENDAH, INI "CATATAN DOSANYA"


Komentar Pembaca






Berita Populer

Wow... Beginilah Cara Kapolres Meminta Maaf pada Anakbuahnya
Dibilang Wakil Rakyat Kinerjanya Lamban, ULP Banyuasin Salahkan OPD
Kapolres Banyuasin: Polisi Mahir, Atlit Bermunculan