Novel Baswedan Jalani Operasi Membran Sel

Kesehatan  SELASA, 16 MEI 2017 , 12:58:00 WIB

Novel Baswedan Jalani Operasi Membran Sel

Foto/Net

RMOL. Penyidik senior KPK, Novel Baswedan akan menjalani operasi membran sel pada ke dua matanya.

Dini hari tadi (Selasa, 16/5), pukul 01.15 waktu Singapura, Novel melakukan pengambilan foto thorax atau rontgen, hari sebelumnya juga dilakukan pengecekan kornea. Hal itu merupakan bagian dari persiapan jelang operasi.

"Dokter mempertimbangkan untuk melakukan operasi pemasangan membran sel (baby skin) pada kedua mata Novel pada akhir minggu ini. Membran akan diambil dari plasenta bayi," ujar Juribicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya.

Menurut dokter, kata Febri, operasi dilakukan untuk merangsang pertumbulan sel-sel pada mata yang rusak akibat penyiraman air keras. Namun operasi tersebut berpotensi menyebabkan mata Novel Baswedan menjadi kabur pasca operasi.

"Efek operasi, pasien dalam beberapa minggu akan mengalami pandangan yang sangat kabur atau blur," imbuhnya seperti diberitakan RMOL (Induk RMOLSumsel).

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan kemarin, bagian tengah kornea mata sebelah kanan masih ditemukan inflamasi atau peradangan. Terjadi pertumbuhan lapisan, namun lambat.

"Sedangkan untuk mata kiri pertumbuhan pembuluh darah mata juga terhitung lambat. Namun tekanan mata normal setelah pemberian obat. Hal ini akan terus dikontrol ke depan," jelas Febri.

Novel Baswedan disiram menggunakan air keras oleh dua orang tak dikenal pada Selasa (11/4) subuh lalu. Telah lewat dari sebulan pasca penyerangan terjadi, namun pihak kepolisian belum menangkap pelaku.

Polisi sempat memeriksa tiga orang yang dicurigai sebagai pelaku penyerangan. Namun tidak ditetapkan sebagai tersangka karena tidak ada cukup bukti yang menguatkan.[rik]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00