RMOLSUMSEL

Home     


DESA INI SUDAH PUNYA PAD RP 12 JUTA PERTAHUN
SELASA, 16 MEI 2017 , 11:09:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

KADES BATUMARTA UNIT II, WERDI/RMOLSUMSEL/M WIWIN
  

RMOL. Desa Batumarta unit II Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) rupanya mempunyai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bergerak di bidang usaha koperasi simpan pinjam.

Menurut Kades Batumarta Unit II, Werdi, BUMDes koperasi simpan pinjam ini telah dibuka sejak 2014 lalu. Pendirian KUD yang diberi nama Martha Niaga ini dilakukan untuk memberikan bantuan permodalan kepada masyarakat yang bergerak di bidang usaha kecil, perdagangan maupun sektor bisnis lainnya dengan jumlah bunga atau pengembalian modal pinjaman sangat kecil.

‎"Saat ini BUMDes Martha Niaga sudah memilik tiga unit usaha antara lain koperasi simpan pinjam, unit pelayanan online bayar listrik serta unit usaha di bidang galian pasir. Alhamdulillah meskipun masih kecil, setiap tahunnya BUMDes ini telah menyumbangkan pendapatan asli desa sekitar Rp 12 juta pertahun dari tiga unit usaha tersebut," katanya.

Meskipun baru berjalan sekitar tiga tahun, koperasi simpan pinjam Marta Niaga ini sudah berhasil menarik sebanyak 150 nasabah. Dengan keberadaan Martha Niaga ini terang Werdi, masyarakat desa Batumarta Unit II yang memiliki usaha bisnis dapat terus berjalan lantaran tidak terbentur lagi akan permodalan.

Selain itu, masyarakakat yang melakukan pinjaman pun tidak dipusingkan dengan besaran uang bunga pinjaman yang harus dikembalikan.

"Paling sedikit besaran pinjaman Rp1 juta, yang nantinya dikembalikan dengan jangka waktu tiga bulan dengan jumlah pengembalian relatif kecil yakni Rp1,2 juta. Untuk persyaratan hanya KTP dan KK. Unit simpan pinjam ini tidak hanya boleh dilakukan oleh masyarakat desa batumarta Unit II saja tapi juga untuk masyarakat di desa tetangga atau lainnya,"  tandasnya.

Kedepan sambung dia, tambah Werdi yang duduk sebagai jajaran komisaris berharap BUMDes tersebut dapat berkembang lebih besar lagi. ‎

"Tahun ini kita merencanakan akan ada 2 unit usaha lagi yang akan kita buka yakni unit usaha di bidang sewa kebun yang sudah produktif, serta usaha depot Pertamini. Dengan adanya pertambahan unit usaha ini nantinya jumlah PAD desa kita harapkan akan meningkat," pungkasnya.[rik]


Baca juga:
FAHRI HAMZAH BEBERKAN KRONOLOGI PENOLAKAN WARGA MANADO
DIGILAS KA, PETANI TEWAS DITEMPAT
GOLKAR AJAK PDIP BERKOALISI
RUPANYA PEMKAB OKU STOP NARIK RETRIBUSI MENARA TELEKOMUNIKASI
LANGSUNG 5 KADER SEKALIGUS


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

PT Pertamina EP Asset 2 Bagikan Sembako kepada Anak Yatim
Pertamina Bantu Pembangunan Venue Bowling Rp 42 Milyar
Agar Hasil Belajar Teruji, Lembaga Kursus Harus Terakreditasi