Dunia Diserang WannaCry, Super Hero Datang Menyelamatkan

Ekonomi  SENIN, 15 MEI 2017 , 11:31:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Dunia Diserang WannaCry, Super Hero Datang Menyelamatkan
RMOL. Dunia tengah kalang kabut. Virus Ransomware jenis WannaCry menyerang komputer ratusan negara di berbagai belahan bumi sejak pekan lalu. Tiba-tiba muncul pahlawan pembela kebenaran, MalwareTech namanya.  

Sang super hero yang baru berusia 22 tahun itu berasal dari Inggris, and diketahui ia tak sengaja melumpuhkan ransomware jenis WannaCry yang mengguncang dunia ini.  WannaCry membuat heboh karena mampu melumpuhkan sejumlah sistem penting pembayaran dan data pasien di sejumlah rumah sakit di dunia, termasuk Indonesia.

Pemuda yang mempunyai nama samaran MalwareTech ini berhasil menghentikan peredaran dengan menemukan tombol penghancur di kode pemorgraman WannaCry.

"Dan itu sebenarnya, sebagian besar dilakukan secara tidak sengaja," katanya seperti diberitakan Kantor Berita CNN, Senin (15/5).

Kisah kepahlawanannya ini dimulai saat dia kembali ke kantor bersama temannya setelah makan siang. Saat itu dia sudah mendengar banyak di artikel mengenai serangan yang berbahaya itu.

“Saya melihat bahwa malware itu terhubung dengan domain tertentu, namun belum terdaftar. Dari situ saya mengambilnya,” kata pemuda yang bekerja di perusahaan keamanan Kryptos Logic.

Setelah ditelusuri, domain web tersebut selalu ‘dilaporkan’ setiap ada infeksi malware terhadap komputer baru. Yang dia lakukan adalah dengan membelinya seharga US$ 10,68 atau setara Rp 142 ribu saja untuk mendaftarkannya.
Bermodal Rp 142 Ribu, Pemuda Ini Hentikan RansomwareFoto: CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani

Langkah selanjutnya, dia melacak ke mana saja ransomware WannaCry itu menyebar dengan mengetahui kebaradaan botnet.

“Domain ini ternyata membantu memantau penyebarannya dan melihat apa yang bisa dilakukan nanti. Ternyata menghentikan penyebarannya hanya dengan mendaftarkan domain itu," ujarnya seperti dilansir The Guardian. [ida]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00