RMOLSUMSEL

Home     


9 CALON KUAT DIREKTUR FBI TENGAH DIPERTIMBANGKAN TRUMP
MINGGU, 14 MEI 2017 , 16:26:00 WIB

JAMES COMEY/NET
  

RMOL. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa dirinya akan mengumumkan pengganti Direktur FBI yang dipecat, James Comey pada akhir pekan depan, sebelum bertolak ke Eropa.

Ada sejumlah nama yang mencuat di media-media Amerika Serikat soal sejumlah kandidat yang potensial menggantikan posisi Comey.

Alice Fisher, seorang pengacara senior di Amerika Serikat adalah kandidat pertama yang diwawancarai di Departemen Peradilan. Fisher adalah asisten jaksa agung divisi kriminal departemen kehakiman. Ia saat ini bekerja di biro hukum.

Pelaksana tugas Direktur FBI Andrew McCabe, Hakim Pengadilan Banding New York Michael Garcia dan Senator Republik John Cornyn juga telah bertemu dengan Jaksa Agung Jeff Sessions.

Sebagai informasi, Andrew McCabe adalah wakil direktur FBI yang kemudian menjadi pelaksana tugas usai Comey dipecat. Ia tampak sebagai sosok yang bertentangan dengan Gedung Putih, terutama setelah menjelaskan penyelidikan dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan AS sebagai "penyelidikan yang sangat signifikan". Ia pun meragukan Gedung Putih mengklaim bahwa Comey telah kehilangan kepercayaan dari staf FBI.

Sementara itu Michael Garcia adalah Hakim Pengadilan Banding New York yang juga mantan jaksa New York dan John Cornyn merupakan Senator Republik Texas yang juga adalah anggota tertinggi kedua Senat dan mantan Jaksa Agung Texas.

Meskipun laporan pada awalnya mengatakan bahwa hanya keempat kandidat tersebut yang masuk dalam daftar wawancara, namun BBC mencatat ada setidaknya sembilan orang yang dipertimbangkan untuk menduduki posisi tersebut yang pada akhirnya akan membutuhkan konfirmasi di Senat.

Trump sendiri kepada wartawan yang bepergian bersamanya di Air Force One, mengatakan bahwa ia ingin segera mencari direktur FBI yang baru.

"Saya pikir prosesnya akan bergerak cepat karena hampir semuanya sangat terkenal, mereka telah diperiksa selama masa hidup mereka pada dasarnya," katanya.

Sebelumnya, James Comey, direktur FBI dipecat oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump 10 Mei lalu . James Comey sempat mengira bahwa pemecatannya hanya lelucon.

Namun dalam sebuah surat resmi kepada Comey, Trump menulis bahwa ia setuju dengan rekomendasi Jaksa Agung Jeff Sessions yang menyebut bahwa Comey tidak dapat memimpin FBI secara aktif.

Sessions mengatakan bahwa Departemen Kehakiman berkomitmen pada tingkat disiplin, integritas, dan peraturan hukum yang tinggi.

Gedung Putih juga menegaskan pemecatan Comey tersebut.[sri]















Baca juga:
REMAJA MASJID PRABUMULIH NILAI VONIS AHOK TERLALU RINGAN
ARAB SAUDI JADI NEGARA PERTAMA YANG AKAN DIKUNJUNGI TRUMP
INVESTASI AMERIKA SERIKAT LEBIH BESAR DIBANDING ARAB SAUDI
PAKAR: TRUMP PUNYA PENYAKIT JIWA YANG MEMBAHAYAKAN
SURIAH: KAMI TIDAK GUNAKAN SENJATA KIMIA TERHADAP TERORIS ATAU KEPADA RAKYAT


Komentar Pembaca






Berita Populer

Lapar, Belasan Buaya Serang Warga
Jangan Dijual, Batu Akik Jenis Ini Sudah Langka
Harmoni Khatulistiwa Harumkan Nama Indonesia