RMOLSUMSEL

Home     


PENDAKI PARUH BAYA TEWAS SAAT MENUJU PUNCAK SEMERU
MINGGU, 14 MEI 2017 , 08:19:00 WIB

RMOL. Seorang pendaki kembali meninggal saat menempuh perjalanan di gunung Semeru, Jawa Timur.

Pendaki asal Jakarta Selatan yang diketahui bernama Antina Sumartina Iswanti (58) itu dilaporkan meninggal Sabtu (13/5) dini hari, setelah tertimpa bongkahan batu besar.

Kejadian bermula saat korban bersama 53 rekannya mendaki ke Puncak Semeru. Rombongan berjumlah 44 termasuk korban menuju Kalimati dan sisanya tinggal di Ranu Kumbolo.

Menurut Quro, rekan pendaki, korban dan beberapa temannya sebanyak 38 orang kembali melanjutkan perjalanan dari Kalimata menuju puncak Mahameru.

Saat perjalanan di Cemoro Tunggal, korban ditinggal tertidur sendirian.

Dikabarkan ada pendaki dari tim lain yang melakukan pendakian dengan cara merangkak. Karena saking lelahnya menggapai batu besar yang ternyata jatuh meluncur cepat ke bawah dengan tak beraturan arahnya hingga menimpa bahu kiri korban.

Setelah tertimpa batu, korban diberi pertolongan pertama oleh pendaki lainnya. Kemudian korban dievakuasi menuju batas vegetasi. Saat itu korban masih kondisi sadar namun denyut nadinya melemah. Korban kemudian dibawa menuju Kalimati.

"Padahal telah berusaha menghindar. Korban tewas di lokasi kejadian," ujar Quro seperti dimuat JPNN.Com (Minggu, 14/5).

Korban kemudian dibawa ke Pos Ranupani dan tiba pukul 12.00 WIB. Sekitar pukul 14.30 korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang untuk dilakukan visum dan langsung disemayamkan.

Pihak  Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menyayangkan insiden ini terjadi akibat ulah pendaki yang melanggar batas pendakian.

Sesuai data di Pos Ranu Pane, korban bersama 53 anggota rombongan lainnya, mengajukan izin pendakian hingga Pos Kalimati pada 11 Mei 2017 lalu.

"Namun kenyataanya, sebagian dari mereka melanggar dengan melakukan pendakian ke Puncak Semeru," kata Agung Siswoyo Kepala TNBTS Resort Ranu Pani.[wid]


Baca juga:
INILAH PEMICU UTAMA MASSA TOLAK FAHRI HAMZAH
SOAL REKLAMASI, SUDIRMAN SAID AKAN BERHADAPAN DENGAN MENTERI LUHUT
CEGAH MASALAH DANA ASIAN GAMES, INASGOC LAKUKAN INI
TIGA TAHUN KEPEMIMPINAN MENTERI SUSI DIWARNAI PROTES NELAYAN
PUTUSAN HAKIM PERKARA AHOK DINILAI ADIL, TAK PUAS SILAKAN UPAYA HUKUM


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Sabtu Besok Mulai Puasa
Berbuka Puasa Sarimuda Pilih Kurma
Bupati Buka Pasar Bedug, Istrinya Gunting Pita