RMOLSUMSEL

Home     


RSUD DIHARAPKAN BEROPERASI SEBELUM ASIAN GAMES
JUM'AT, 12 MEI 2017 , 16:47:00 WIB
LAPORAN: SUHARDI

KETUA KOMISI V, MA GANTADA/RMOLSUMSEL
  

RMOL. Komisi V DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) berharap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dapat beroperasi sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi V, MA Gantada, Jumat (12/5).

Menurut Gantada, pembangunan fisik RSUD yang terletak di Jalan Kolonel H Burlian Km 6,5 Palembang itu telah mencapai progres sekitar 70 persen pembangunan.

Pengebutan pengerjaan rumah sakit rujukan itu perlu dipercepat, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat Sumsel maupun wisatawan yang datang dari berbagai negara saat Asian Games berlangsung.

"Harapannya sebelum Asian Games ini sudah beroperasi," kata Gantada.

Lanjutnya, setelah pembangunan fisik RSUD tuntas, maka selanjutnya tinggal pengadaan sarana-prasarana alat kesehatan dan tenaga medisnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nurainy mengatakan, pembangunan RSUD Provinsi dipastikan akan segera rampung. Targetnya untuk di akhir 2017 ini, pembangunan RSUD Provinsi Sumsel bisa mencapai 80 persen bahkan lebih.

Menurut Lesty, pada 2017 ini pengerjaan fokus pada pembangunan fisik. Kemudian, sebagian interior RSUD Provinsi Sumsel mulai dari sarana dan prasarana, seperti IT hingga managemen. Pada 2018, dilanjutkan kembali kepada IT dan termasuk pengadaan alat kesehatan yang dilakukan bertahap.

Ia menambahkan, untuk pengadaan alat kesehatan akan dilakukan secara bertahap hingga 2020 mendatang. Dengan begitu, operasional RSUD Provinsi Sumsel dapat secara maksimal.

“Sebab pada April 2018 akan dilakukan soft launching, sehingga pada Agustus atau pada saat penyelenggaraan Asian Games 2018 operasional dan melayani atlet peserta even olahraga akbar negara Asia,” ungkapnya.

Mengenai Sumber Daya Manusia (SDM), lanjut Lesty, perekrutan akan dilakukan oleh pihak ketiga. Sedangkan untuk pihak ketiga tersebut akan dilakukan lelang. Artinya semua dilakukan secara terbuka.

Dengan sistem tersebut, masih dijelaskan dia, pihaknya ingin pegawai yang bekerja di RSUD Provinsi Sumsel memang benar-benar mereka yang punya kualifikasi dan kemampuan.

Ini sesuai arahan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. “Kami  tidak mau nanti yang bekerja adalah orang-orang titipan,” pungkasnya.[sri]


Baca juga:
PENCAK SILAT DIKEMBANGKAN SEHINGGA MENJADI BUDAYA SUMSEL
KOMISI V MINTA DISDIK AWASI PRAKTIK JUAL BELI BANGKU JELANG PSB
GUBERNUR: BERSAMA KITA KUAT, BERSATU KITA TEGUH
PEMBANGUNAN RUMAH POMPA BENDUNG MASIH TERKENDALA PEMBEBASAN LAHAN
FITRI MINTA SEBELUM ASIAN GAMES BUNGALOW PULAU KEMARO DILAUNCHING


Komentar Pembaca






Berita Populer

Inilah Nama-nama Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP
PDIP Pastikan Tidak Jadi Penonton
Gagal Seleksi Pembantunya, Kredibilitas Jokowi Digerus 3 Menteri Ini...