Waspadai Perdarahan Setelah Berhubungan Intim ...

Kesehatan  JUM'AT, 12 MEI 2017 , 10:23:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Waspadai Perdarahan Setelah Berhubungan Intim ...

ilustrasi/net

RMOL. Bila anda mengalami perdarahan setiap kali berhubungan intim, kondisi ini perlu diwaspadai. Karena pendarahan ini bisa merupakan indikasi adanya penyakit serius yang diderita.

Demikian dikemukakan dr Astrid Wulan Kusumoastuti saat menjawab pertanyaan seorang penanya di laman Klikdokter.com yang dikutip hari ini, Jumat (12/5).

Dikatakan Astrid, perdarahan setelah berhubungan seksual atau Post Coital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet.

Beberapa penyebab lain dari perdarahan pasca berhubungan seksual adalah :

Peradangan pada serviks (leher rahim) dimana hubungan seksual dapat menyebabkan perdarahan. Kondisi ini disebut dengan erosi serviks, umum terjadi pada wanita muda, wanita hamil, dan mereka yang memakai kontrasepsi pil.

Polip serviks atau polip rahim. Umumnya polip ini jinak.

Infeksi oleh klamidia, gonorea, trikomonas, dan jamur (Infeksi Menular Seksual).

Vaginitis atropi yang umum terjadi karena kekurangan hormon estrogen, terutama pada wanita post menopause. Kurangnya lendir pada vagina menyebabkan hubungan seksual menjadi nyeri dan dapat terjadi perdarahan.

Kanker leher rahim.

Displasia srviks. Perubahan pre-kanker pada kanker leher rahim. Risiko meningkat dengan riwayat infeksi seksual sebelumnya, berhubungan seksual sebelum usia 18 tahun, melahirkan anak sebelum usia 16 tahun.

Mioma rahim yaitu tumor jinak yang berasal dari dinding otot rahim

Ia menyarankan agar si penderita segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Ini penting untuk dapat dicari penyebabnya segera. Sebab, kata dia, pengobatan akan disesuaikan dengan penyebabnya.  [ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00