RMOLSUMSEL

Home     


PERINGATI WAISAK, WALUBI BUKA BAZAR VEGETARIAN
KAMIS, 11 MEI 2017 , 14:42:00 WIB
LAPORAN: DEDE SUHEN

BAZAR VEGETARIAN/RMOLSUMSEL/DEDE SUHEN
  

RMOL. Perayaan waisak yang jatuh pada hari Kamis (11/5), merupakan momen yang sangat ditunggu oleh umat Budha di Kota Prabumulih. Pasalnya, terdapat banyak rangkaian acara yang digelar. Salah satunya bazar yang dilaksanakan pada hari ini, Rabu (10/5).

Berbeda seperti bazar pada umumnya. Bazar yang dibuka di sekitar Vihara Prajna Matreya Kelurahan Pasar 1 Kecamatan Prabumulih Utara tersebut adalah bazar vegetarian. Dimana semua makanan yang dijual semuanya berbahan sayuran.

"Semua makanan disini terbuat dari sayuran dan tidak ada unsur hewani didalamnya. Seperti sate, itu terbuat dari gandung, rendang, pepes, sosis, sapi lada hitam, semuanya terbuat dari sayuran," ungkap Heri Ketua Pelaksana Bazar.

Menurut Heri, walaupun makanan tersebut terbuat dari bahan sayuran namun tidak mengurangi cita rasa makanan yang disajikan. Bahkan makanan yang dibuat oleh umat budha di Kota Prabumulih tersebut kerap dipesan oleh warga Palembang.

"Silahkan dicicipi semua. Makananya enak walaupun terbuat dari sayuran yang dibentuk seperti daging. Makanan disini juga suka dipesan oleh umat budha di Palembang apabila menggelar bazar yang sama," ujarnya.

Dalam pelaksanaan bazar tersebut, kata Heri, pihaknya mengerahkan 20 orang sukarelawan untuk menjaga 9 stand yang telah disediakan.

"Ini rata-rata yang jualan dari Vihara. Tapi kita terima apabila ada warga luar yang mau berjualan disini. Untuk stand kita gratiskan," terangnya.

Makanan yang disajikan pun beragam. Untuk pagi hari makanan yang disediakan merupakan makanan berat seperti pepes ikan, sapi lada hitam, sate, sosis dan rendang.

"Untuk siang sampai malam itu ada mie pangsit, hamburger, kue tiau dan nasi goreng. Semuanya berbahan sayuran dan terbuat dari gandum," bebernya.

Selain memiliki cita rasa yang nikmat, kata Heri, makanan yang dijual pun sangatlah murah, apabila dipasaran harga makanan dijual seharga Rp 10 ribu, di bazar tersebut hanya dipatok Rp 7 ribu saja. Untuk membelinya pun harus menggunakan vouvher yang telah disediakan oleh panitia. Adapun nominal voucher yang dijual senilai Rp 1000, Rp 2 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu.

"Voucher tersebut sudah dijual sejak satu minggu lalu. kita juga stok disini bagi masyarakat yang tidak kebagian, apabila stok habis warga boleh membeli menggunakan uang," jelasnya.

Uang hasil penjualan makanan tersebut, sepenuhnya akan disumbangkan ke vihara dan digunakan untuk kepentingan vihara. "Semua kita sumbangkan untuk vihara," kata Heri.

Heri menambahkan pihaknya menyediakan vhoucer senilai Rp 20 juta. Jumlah ini lebih kecil dibandingkan tahun lalu yang sampai Rp 30 juta.

"Faktor ekonomi yang lagi menurun sehingga  kita kurangi jumlah vouchernya," tambahnya.

Dari pantauan, bazar vagetarian tersebut ramai diserbu warga. Tak hanya umat Budha, masyarakat umum pun seperti PNS dan Pegawai Bank juga ikut berbelanja dibazar tersebut. Bahkan salah satu pembeli mengaku telah membeli voucher senilai Rp 100 ribu guna berbelanja di bazar tersebut.

"Saya beli Rp 100 ribu. Disini enak murah meriah. Makanannya juga rendah kolesterol karena bahan dasarnya sayuran. Apalagi ada rempah-rempah didalamnya pastinya menyehatkan badan," ungkap salah satu pembeli yang enggan namanya disebut.[rik]


Baca juga:
WALUBI BERHARAP MEMBAWA KEBAHAGIAAN SEMUA MAHLUK
REMISI HARI RAYA WAISAK, 678 NAPI BAHAGIA..
INDONESIA AMAN, TENTRAM RAKYAT SEJAHTERA
H MULARIS DJAHRI: MARI KITA JUNJUNG RASA PERSAUDARAAN
PGI: VONIS AHOK TIDAK BEBAS DARI KEPENTINGAN POLITIK DAN TEKANAN MASSA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Sambut Tahun Baru Hijriah, Ribuan Benda Pusaka Dimandikan
Tak Terbendung, Warga Korea Serbu Gamelan..
Film Bisa Eratkan Hubungan Antar Warga ASEAN