RMOLSUMSEL

Home     


HARI RAYA WAISAK
WALUBI BERHARAP MEMBAWA KEBAHAGIAAN SEMUA MAHLUK
KAMIS, 11 MEI 2017 , 13:57:00 WIB
LAPORAN: DEDE SUHEN

PERINGATI WAISAK/RMOLSUMSEL/DEDE SUHEN
  

RMOL. Perayaan Hari Waisak 2561 be di Kota Prabumulih berjalan khidmat. Sebanyak 600 umat budha di Kota Prabumulih melaksanakan ritual sembahyang peringati hari Waisak di tiga Vihara yakni Vihara Vajra Bhumi, Prajna Maitreya dan Vihara Poh Chin Bio.

Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI) Kota Prabumulih, Suhandi mengatakan Waisak merupakan hari peringatan  kelahiran sang Buddha Sidharta Gautama, mencapai penerangan agung sabagai Buddha dan Parinibana/meninggalnya sang Buddha.

"Ketiga kejadian diatas terjadi pada purnama yang sama di bulan waisak. Makanya sering disebut hari trisuci waisak," ungkapnya.

Untuk kegiatan ritual sembahyang sendiri, kata Suhandi, sudah dilakukan sejak hari kemarin (10/5). Sembahyang dilaksanakan oleh sebagian umat Budha di Kelenteng Poh Chin Bio mulai pagi hari hingga malam.

"Vihara Vajra Bhumi dan Vihara Prajna Maitreya tadi pagi baru melaksanakan ritual sembahyang," ujarnya.

Dalam peringatan Waisak tersebut, kata Suhandi, selain melaksanakan ritual sembahyang Walubi Kota Prabumulih juga menggelar serangkaian kegiatan.

"Mulai tanggal 10 kita buka Bazar Vegetarian, tanggal 14 kita melaksanakan bakti sosial ke Panti Asuhan dan tanggal 24 kita laksanakan donor darah bersama di Vihara Prajna Maitreya," terang Suhandi.

Dihari peringatan Waisak tersebut, Suhandi berharap akan membawa kebahagian bagi semua mahluk di bumi. "Semoga semua mahluk berbahagia," tambah Suhandi.[rik]


Baca juga:
REMISI HARI RAYA WAISAK, 678 NAPI BAHAGIA..
INDONESIA AMAN, TENTRAM RAKYAT SEJAHTERA
H MULARIS DJAHRI: MARI KITA JUNJUNG RASA PERSAUDARAAN
PGI: VONIS AHOK TIDAK BEBAS DARI KEPENTINGAN POLITIK DAN TEKANAN MASSA
LIMBAH PEMPEK INI CEMARI LINGKUNGAN


Komentar Pembaca






Berita Populer

Bayar Pendaftaran 50 Ribu, Warga Bisa Tangkap Ikan Sepuasnya
Sambut Tahun Baru Hijriah, Ribuan Benda Pusaka Dimandikan
Film Bisa Eratkan Hubungan Antar Warga ASEAN