RMOLSUMSEL

Home     


SELAMAT HARI RAYA WAISAK
H MULARIS DJAHRI: MARI KITA JUNJUNG RASA PERSAUDARAAN
KAMIS, 11 MEI 2017 , 11:30:00 WIB
LAPORAN: ERIK OKTA

H MULARIS DJAHRI/RMOLSUMSEL
  

RMOL. Hari Raya Waisak yang dirayakan umat Buddha setiap tanggal 11 Mei tidak sebatas seremoni semata. Ada peristiwa penting yang terkandung didalamnya.

"Bagi umat Buddha Waisak memperingati 3 peristiwa penting dalam ajaran agama Buddha. Pertama, akhirnya Sidharta Gautama, penemu dan pencetus agama Buddha, tercapainya Sidharta Gautama dalam tahap Penerangan Agung dan menjadi Buddha, dan terakhir hari dimana Buddha Gautama wafat," kata Ketua DPD Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Mularis Djahri kepada RMOLSumsel, Kamis (11/5).

Tiga peristiwa ini disebut dengan Trisuci Waisak. Tentunya bagi umat Buddha hari raya Trisuci Waisak ini merupakan hari yang besar dan penuh sejarah yang tidak akan mungkin dilupakan.

"Makanya, perayaan Waisak setiap tahun selalu ramai, umat Buddha memenuhi tempat ibadah yaitu Vihara. Biasanya para umat Buddha merayakan hari Trisuci Waisak ini dengan pergi ke Vihara melakukan puja-bhakti dengan tujuan mengingat kembali ajaran sang Buddha," lanjut Mularis.

Sakral dan sucinya perayaan hari suci Waisak turut dirasakan masyarakat, "Setidaknya turut menghormati saudara-saudara kita  yang tengah merayakan dan mengenang kelahiran, kesempurnaan Gautama menjadi Buddha, dan wafat Buddha Gautama," ucapnya.

Dan sebagai bangsa yang majemuk, menjunjung tinggi nilai kebhinekaan, Direktur Utama PT Campang Tiga ini juga mengajak masyarakat Palembang ikut menjaga ketertiban, keamanan dan toleransi dalam mewujudkan kekhusyukan bagi umat Buddha dalam menjalankan prosesi perayaan Hari Waisak tahun ini.

"Mari kita junjung rasa persaudaraan, saling menghormati, tolerasi dan tenggang rasa serta menjaga keamanan demi persatuan dan kesatuan. Untuk umat Buddha selamat merayakan Hari Raya Waisak," pungkasnya.[rik]


Baca juga:
AA GYM MASUK RADAR PENJARINGAN GERINDRA
WARTAWAN TRIBUN SUMSEL DIINTIMIDASI OKNUM ANGGOTA POLRI
WAH..SUDIRMAN SAID JADI KETUA TIM SINKRONISASI ANIES-SANDI
PGI: VONIS AHOK TIDAK BEBAS DARI KEPENTINGAN POLITIK DAN TEKANAN MASSA
CINTA PASANGAN INI BERAKHIR DENGAN BERSIMBAH DARAH


Komentar Pembaca






Berita Populer

Atraksi Marching Band Pelajar Palembang Pukau Penonton HJK
Pangdam II Ajak Umat Islam Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan
Metode Tingkatkan Minat Baca, Sekolah ini Sediakan Gerobak