RMOLSUMSEL

Home     


PERUSAHAAN MESTI MEMBERIKAN RUANG UNTUK PEGAWAI MELAMUN
SELASA, 09 MEI 2017 , 13:58:00 WIB
LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

TERPAKU DI PONSEL/NET
  

RMOL. Menurut penelitian, orang Amerika menghabiskan 10,5 jam sehari mengonsumsi media.  Angka itu diikuti dengan warga Inggris dengan hampir 10 jam sehari. Padahal waktu yang banyak dihabiskan di depan layar ini membuat sebagian kita tidak nyaman duduk diam dengan pikiran kita sendiri.

Para peneliti melakukan sebuah riset dengan memberikan opsi kepada orang-orang untuk duduk sendiri tanpa gangguan selama 6-15 menit atau mendapatkan kejut listrik ringan. Banyak yang memilih kejut listrik.

Diberitakan dari BBC, Selasa (9/5), saat mata Anda fokus di telepon, pikiran Anda dalam kondisi yang sangat berbeda dengan saat Anda melamun.

Selama bertahun-tahun, para peneliti menemukan bahwa otak kita memiliki dua sistem atensi yang berbeda, kata Daniel Willingham, Profesor Psikologi di University of Virginia — sistem eksternal dan internal. Sistem internal, yang diaktivasi ketika melamun, disebut jaringan asal.

"Jaringan asal secara khusus aktif saat Anda berpikir tentang diri Anda sendiri, tentang masa lalu, tentang masa depan," kata Willingham. "Kedua (sistem atensi) tidak dapat aktif pada saat bersamaan, namun mereka terhubung dalam beberapa hal."

Jika kedua sistem tidak dapat aktif dalam waktu bersamaan dan kita menghabiskan waktu 10 jam sehari dalam satu sistem atensi, muncul pertanyaan: apa dampaknya ke otak kita— dan kemampuan kita untuk muncul dengan ide-ide kreatif?

"Ini bukan intervensi kecil yang kita kerjakan pada diri sendiri. Dalam banyak kasus ini memakan waktu dalam jumlah yang besar sekali," kata Willingham, "khususnya bagi para remaja."

 Dari sudut pandang psikologi, kita lebih peduli dengan dampak yang terjadi setelah bertahun-tahun

"Dari sudut pandang psikologi, kita lebih peduli dengan dampak yang terjadi setelah bertahun-tahun," katanya. Konsekuensinya, hingga saat ini, belum diketahui sepenuhnya, namun menataptelepon, dan semua waktu yang dihabiskan dalam satu sistem atensi, dapat memiliki efek jangka panjang.

Kabar baiknya adalah sebagian orang sudah mulai mengatur diri mereka sendiri untuk tidak terlalu sering menggunakan ponsel. Baru-baru ini King berhenti menggunakan Facebook setelah menyadari dia menghabiskan terlalu banyak waktu di situs tersebut pada waktu kosongnya.

"Saya mengembangkan kesadaran diri sendiri baru-baru ini akan penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan," katanya. "Saya sudah berusaha untuk mengekangnya, namun susah."

Willingham, yang biasa mendengarkan podcast atau buku audio saat dia berjalan untuk berolahraga, telah mulai meninggalkan perangkatnya di rumah. Dia lebih bahagia dengan keheningan. Dan Fries secara sadar membatasi waktu untuk telepon dan televisi, dan jika dia dapat, dia bahkan akan pergi lebih jauh.

"Saya sebetulnya punya fantasi untuk benar-benar menghilang selama setahun," katanya.

Kalau tidak begitu, Fries merekomendasikan untuk memulai dengan kesadaran diri. Sadar saat Anda melihat ponsel Anda dan bagaimana rasanya. Jika Anda ingin mencari kreativitas, berjalan kaki atau melakukan aktivitas lain yang tidak membutuhkan perhatian terfokus. Yang lebih penting, beri waktu dan izinkan diri Anda melamun, yang dalam budaya kesibukan kita, lebih gampang dikatakan daripada dilakukan.

    Menerima keadaan melamun anda hampir revolusioner

"Saya kira itu sesuatu yang dapat dimiliki setiap individu," kata Fries. "Menerima keadaan melamun merupakan hal yang hampir revolusioner."

Perusahaan juga mendapat manfaat dengan memberikan para pegawai mereka ruang untuk melamun, katanya. Mereka akan bisa muncul dengan ide-ide yang lebih baik, lebih inovatif.

"Setiap pemimpin di setiap bidang, saya dapat menjamin bahwa mereka adalah orang-orang yang suka melamun," kata Fries.

Selain berhenti menggunakan Facebook, King juga berhenti membawa telepon atau komputernya saat rapat, jika memungkinkan, dan itu telah membantunya mengakses ide yang lebih baik dan unik, katanya. Tambah lagi, dia menyempatkan diri berolahraga, tidur nyenyak dan beristirahat di tengah hari—seperti pergi ke taman dengan kertas dan pensil.

"Itu adalah hal paling ideal agar ide-ide kreatif mengalir," kata King. "Saya merasa waktu seperti berhenti saat Anda duduk-duduk di sana." [ida]


Baca juga:
ARAB SAUDI JADI NEGARA PERTAMA YANG AKAN DIKUNJUNGI TRUMP
WOW! PLN JAMIN TIADA PEMADAMAN LISTRIK SEPANJANG RAMADHAN
KINI, SAATNYA MEDIA KONVENSIONAL KEMBALI KE KHITTAH
INDONESIA-LAH NEGARA DEMOKRASI TERBESAR
INVESTASI AMERIKA SERIKAT LEBIH BESAR DIBANDING ARAB SAUDI


Komentar Pembaca






Berita Populer