RMOLSUMSEL

Home     


LAHAT KEMBANGKAN PARALAYANG BUKIT BESAK
MINGGU, 07 MEI 2017 , 23:52:00 WIB
LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

RMOLSUMSEL
  

RMOL. Kawasan  Bukit Besak di Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat saat ini menjadi spot terbaik olahraga paralayang (terbang bebas) di Sumatera Selatan, bahkan salah satu paling menarik di Indonesia.

Menyadari potensi besar olahraga dan wisata ini, Bupati Lahat, Saifudin Aswari Riva'i berencana mengembang kawasan bukit yang berdekatan dengan Bukit Serelo ini.

Bahkan Kak Wari, begitu dia  biasa disapa, juga berani menjajal sendiri olahraga ini, Sabtu (6/5).

Kendati jalur jalan pendakian menuju puncak Bukit Besak ini terbilang ektrim, namun tak menyurutkan keinginan Aswari Riva'i menjajal terbang di kawasan bukit ini menggunakan parasut paralayang dengan tandem ditemani tim Sang Aero Activities asal Jawa Barat.

Kendati baru pertamakali terbang menggunakan paralayang, Aswari Riva'i mengaku  menikmatinya, apalagi  di bawah Bukit Besak ini pemandangannya beragam, selain kawasan hutan dan kebun, juga ada  sawah, sungai dan perkampungan. Serta, tampak jelas Bukit Serelo (ikon Lahat).

Setelah beberapa menit berputar di udara dan mengambil gambar, Aswari yang tandem dengan Haris mendarat di lapangan sepakbola di pinggir Desa Tanjung Beringin.

Meski tampak lelah setelah mendaki bukit itu dan menjajal paralayang, Bupati Aswari tetap tersenyum dan menyapa ratusan warga desa yang menyambutnya dan berkumpul di lapangan desa itu, bahkan mengabadikanya mengunakan kamera ponsel. "Kamu senang dide  kalau banyak tamu datang ke sini," tanya Aswari yang diiyakan warga.

Puncak bukit ini lebih tinggi dari puncak Bukit Serelo, dan menurut Haris (anggota tim Sang Aero Activities) Bukit Besak ini merupakan lokasi ideal untuk olahraga paralayang, dengan luas landasan take off mencapai 270 derajat yang terbuka secara alami dan kekuatan angin mumpuni.

Akan tetapi, kendala utama menuju puncak bukit ini karena akses jalurnya cukup ekstrim.

Untuk mencapai puncak bukit tersebut, harus berjalan kaki dari Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Merapi Selatan, sekitar 20 kilometer dari Kota Lahat, menyusuri jalan setapak beton yang merupakan jalan akses pertanian menuju kebun kopi dan karet milik warga.

Bagi pengunjung yang ingin lebih cepat, warga setempat juga menyediakan ojek motor dengan tarif tertentu, namun ojek motor dan jalan setapak beton ini hanya sampai di  bangunan yang berada di kebun kopi warga di kaki bukit ini.
Bangunan ini, biasanya tempat beristirahat para pendaki, bangunan semi permanen  beratap seng ini juga berfungsi sebagai warung yang menjual berbagai barang kebutuhan pendaki, berupa makanan dan minuman.

Sejak dari warung inilah, pendakian sesungguhnya menuju puncak bukit ini dimulai, jalur pendakian ekstrim berupa jalur tanah berbatu, pasir, dan tebing curam sangat menguras tenaga dan  menjadi tantantangan tersendiri bagi penyuka olahraga mendaki.

Pada kondisi normal, pendakian dari Desa Tanjung Beringin hingga puncak Bukit Besak membutuhkan waktu hingga 2 jam. "Kalau hari libur, ramai pendaki," kata seorang warga.

Merasakan cukup sulitnya mencapai puncak Bukit Besak ini, Bupati Lahat Aswari Riva'i berencana membangun sarana penunjang seperti jalur khusus pengunjung dengan tali baja dan mesin penggerak.

Salah satu keseriusan Aswari mengembangkan kawasan ini menjadi tempat olahraga paralayang nasional, maka tahap awal berencana mengirimkan tim studi banding ke daerah lain yang melibatkan Dispora, KONI, kecamatan, serta desa setempat untuk mempelajari tentang bagaimana pengelolaan wisata olahraga ini, serta sarana yang dibutuhkan hingga pembinaan warga lokal.

Ketua KONI Lahat, Ferly Sumarno yang ikut merasakan sulitnya mencapai puncak bukit ini mengemukakan, pihaknya sangat apresiasi dengan perhatian dan keseriusan Bupati Aswari yang ingin mengembangkan kawasan Bukit Besak menjadi lokasi olahraga paralayang.

"Kita sambut baik dan dukung keinginan Pak Bupati itu, apalagi Dia telah merasakan langsung terbang paralayang di tempat ini," kata Ferly.[sri]














Baca juga:
HERLIANSYAH SEBUT TIGA NAMA KANDIDAT PASANGAN
PILGUB SUMSEL, DERU PEDE BAKAL DIGANDENG PKS
EMPAT BAKAL CALON GUBERNUR MERAPAT, PRESIDEN PKS : BELUM KITA PUTUSKAN TUH...
EMPAT BAKAL CALON GUBERNUR SUMSEL "MERAPAT" KE PKS
CALON GUBERNUR SUMSEL "MERAPAT" KE PKS


Komentar Pembaca






Berita Populer

Ini Strategi Sriwijaya FC Melawan PSM Makasar
Guru Olahraga di OKU Raya Dilatih Pebasket Amerika
Sriwijaya FC Kalah Lagi, Itu Mah Biasa !