RMOLSUMSEL

Home     


PERERAT IKATAN DENGAN ANAK, IBU JEPANG MELAHIRKAN TANPA ANESTESI
SABTU, 06 MEI 2017 , 13:03:00 WIB
LAPORAN: INTAN SRIWIDARI

NET
  

RMOL.Tahukah Anda  wanita Jepang yang hamil memiliki kebiasaan yang unik. Ada beberapa kebiasaan yang tidak diperbolehkan bagi wanita hamil di dunia  justru dilakukan di Jepang. Yang mengejutkan, melahirkan tanpa anestesi epidural dianggap bisa mempererat ikatan ibu dan anak.

Praktisi kesehatan Dr Narikodan Muhammad Zailani SpOG mengatakan, para wanita di Jepang yang hamil diberi gantungan kunci atau "tanda bersalin", ini setelah dikonfirmasi oleh dokter. Hal ini diberikan kepada semua bumil sehingga mereka mendapat prioritas dalam jalur khusus dan saat menggunakan kendaraan umum, terutama selama enam bulan pertama kehamilan dimana pembesaran rahim sulit dikenali.

Dokter di negara lain menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi suplemen yang tersedia di toko obat, tapi tidak demikian di Jepang, mungkin mengejutkan karena para dokter mendorong bumil untuk mengkonsumsi buah, sayuran dan susu sebagai vitamin mereka. Dokter Jepang percaya akan nutrisi alami yang bisa didapat bumil dari makanan ini, meski selama trimester pertama, dokter masih menyarankan untuk mengkonsumsi asam folat.

Di negara lain, bumil disarankan untuk tidak makan makanan mentah seperti sushi, namun dokter di Jepang mengizinkan untuk makan ini, sebenarnya sebagian mereka menganggapnya sebagai bagian dari nutrisi prenatal yang baik. Konsumsi daging ternak lain yang mentah bagaimanapun, disarankan untuk tidak.

Hal yang sama berlaku untuk minum teh, di kebanyakan negara, bumil diminta tidak minum (banyak) teh karena teh cenderung tinggi kafein. Di Jepang, minum teh dianggap oke untuk bumil.

Dokter Jepang sangat ketat dalam hal berat badan selama kehamilan. Mereka menyarankan bumil untuk menaikkan berat maksimal 7 sampai 12 kilogram selama kehamilan, yang akan mempermudah persalinan dan juga baik untuk mengembalikan tubuh seperti sebelum hamil dalam waktu singkat.

Tidak semua rumah sakit di Jepang menawarkan bantuan suntikan anestesi epidural untuk persalinan normal. Mereka percaya bahwa rasa sakit saat melahirkan akan memudahkan ikatan antara ibu dan anak.

Bergantung pada situasinya, standar untuk persalinan normal disarankan tinggal di rumah sakit selama 5 hari, sedangkan sampai 7 hari diberikan kepada mereka yang menjalani persalinan sesar. Tidak seperti di negara lain, persalinan normal diberikan 2 hari atau kurang dan untuk persalinan sesar biasanya maksimal 2-4 hari jika tidak ada komplikasi. Jumlah hari istirahat yang disarankan setelah persalinan lebih tinggi daripada di banyak negara lain. Selama hari-hari ini, ada jadwal harian bagi ibu untuk dipatuhi, dan beberapa hari dipergunakan untuk kursus menyusui.

Bagi wanita yang mengalami kelahiran di Jepang, hari-hari istirahat ini mungkin sedikit membosankan, tapi jika Anda melihat dari dekat, prosedur ini sangat efektif. Hari istirahat yang panjang tidak hanya fokus pada pemulihan tubuh yang cepat tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan seorang wanita.

Kesejahteraan ibu penting dalam masyarakat Jepang, oleh karena itu dalam minggu atau bulan setelah keluar dari rumah sakit, ada perawat umum yang memeriksakan ibu dan bayinya. Ini juga dilihat sebagai cara untuk mengatasi depresi pasca persalinan.

Di negara lain, rumah sakit memungkinkan pasangan pasien atau saudara tinggal di samping mereka saat dirawat di rumah sakit. Namun, di Jepang hanya ibu dan bayinya yang diizinkan tinggal di rumah sakit sebelum dan sesudah melahirkan. Hanya ada jam kunjungan untuk pasangan dan keluarga mereka.

"Pada awalnya, beberapa orang mungkin menganggapnya tidak biasa dan sulit tetapi jika Anda melihat dari dekat, ini lebih mudah dilakukan. Selama dirawat di rumah sakit, para ibu fokus pada bayi mereka, dan jika mereka memerlukan bantuan, perawat membantu mereka," tandas Dr Zailani.[sri]


Baca juga:
SELUNDUPKAN 6 BOTOL SPERMAN, PEMUDA THAILAND DIBUI
SUMSEL PROVINSI PERTAMA MILIKI PLTB
RUMAH SAKIT DAN BPJS PUN BERPOTENSI LAKUKAN FRAUD
MELAHIRKAN PAKAI CARA NGAKALIN BPJS BISA DIPIDANA
FRAUD JKN TELAH RUGIKAN KEUANGAN NEGARA RP400 MILYAR


Komentar Pembaca






Berita Populer

Kaki Abu Bakar Ba'asyir Bengkak, Tim Dokter: Ada Sakit Kronik
H-1 Total 70 Anggota Paskibra Pagaralam "Kena Suntik"
Derita Leukemia, Dua Bersaudara Ini Harapkan Bantuan