RMOLSUMSEL

Home     


MASALAH PLASMA DI DESA MANGSANG, YUSNIN: SEGERA CARI SOLUSI
KAMIS, 04 MEI 2017 , 22:14:00 WIB
LAPORAN: HAFIZ AL - FANGKY

RAPAT DI RUANG SERASAN SEKATE/RMOLSUMSEL-FIZ
  

RMOL. Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Yusnin didampingi Plt Sekda H Apriyadi menerima kunjungan kerja Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di ruang rapat Serasan Sekate, Kamis(4/5).

Pimpinan Komisi I Kartika Sandra Desi menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerjanya. Selain bersilaturahmi untuk berkoordinasi terkait penyelesaian permasalahan plasma di Desa Mangsang Kecamatan Bayung Lencir.

"Beberapa waktu yang lalu, kami menerima perwakilan masyarakat Desa Mangsang yang menyampaikan aspiras ke komisi I. Secara garis besar mereka menyampaikan tuntutan terkait penyelesaian masalah plasma PT Mentari Subur Abadi," jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Kartika,  mereka membawa berkas serta surat kelengkapan yang lengkap sekali.

"Mereka menuntut hak sebagai petani plasma sebagaimana terdaftar dalam SK Bupati terkait penetapan petani plasma Desa Mangsang. Karena menurut mereka,  sampai saat ini belum menerima hak mereka," imbuhnya.

"Kami hadir di sini guna mengecek langsung terkait permasalahan ini. Harapan kami Pemkab Muba bersama pihak terkait segera menyelesaikan masalah ini, kami komisi I akan mengikuti terus perkembangan ini," tegasnya.

Menanggapi itu, Yusnin menyampaikan terimakasih kepada Komisi I yang telah mendorong Pemkab Muba dalam menyelesaikan setiap konflik terkait kepentingan masyarakat.

"Kami apresiasi sekali saudara-saudara Komisi I telah mengingatkan sekaligus mendorong kita dalam penyelesaian plasma ini, sebagaimana fungsinya pemerintah daerah adalah pelayan masyarakat oleh karena itu dalam waktu dekat kami akan segera menindak lanjuti ini dengan mengumpulkan semua pihak terkait dalam satu forum guna mendapatkan gambaran jelas mengenai permasalahan dan jalan keluarnya," ungkapnya.

Silahkan nanti, lanjut Yusin,  agar Asisten I menjadwalkan pertemuan selanjutnya bila perlu undang juga Komisi I DPRD Sumsel.

Diberitakan sebelumnya, Desa Mangsang mendapat plasma sebanyak 315 kavling dengan sistem bagi hasil. Sebagaimana telah disepakati di tingkat desa bahwa hasil dari 315 kavling tersebut akan dibagikan kepada 1200 kepala keluarga. [ida]


Baca juga:
SOAL PEMBANGUNAN AWNING, PEDAGANG LORONG BASAH MINTA DPRD DILIBATKAN
IZINNYA LENGKAP, PEMBANGUNAN HOTEL IBIS TETAP DIHENTIKAN
PEMILIK HOTEL IBIS LECEHKAN KOMISI III
PETANI KARET GALAU (LAGI)
DISDUKCAPIL SIAP JEMPUT BOLA MENDATA MASYARAKAT, ASAL..


Komentar Pembaca






Berita Populer

Kemenpora dan Gema Desantara Gagas Pemuda Pelopor Pertanian Organik
SHI Ragukan Kemampuan WWF Tuntaskan Sengketa Lahan
Ini Gawat.. Kinerja Ekonomi Terusik Momen Pilkada & Pilpres