Menteri Rudi: Profesi Jurnalis Bukan Untuk Memecah Belah Bangsa

Politik  SELASA, 02 MEI 2017 , 12:59:00 WIB

Menteri Rudi: Profesi Jurnalis Bukan Untuk Memecah Belah Bangsa

Menkominfo, Rudiantara/NET

RMOL. Profesi wartawan mirip dengan dokter yang memiliki acuan khusus dalam bekerja.

Dokter, utamanya  anggota IDI, memiliki acuan Kode Etik Kedokteran Indonesia (KODEKI) dalam menjalankan tugasnya. Sementara profesi wartawan beracuan pada Kode Etik Jurnalistik, sebagai putusan Dewan Pers No 03/ SK-DP/ III/2006 tanggal 24 Maret 2006.

"Yang membatasi profesi adalah kode etik. Wartawan ini profesi yang mirip seperti dokter. Kalau ada kesalahan ada majelis kode etiknya," ujar Menkominfo Rudiantara saat konferensi pers (konpers) World Press Freedom Day (WPFD) 2017 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/5), seperti diberitakan RMOL.Co.

Untuk itu, Rudi mengimbau setiap wartawan agar dapat mematuhi kode etik jurnalistik. Konteksnya, tidak menjadikan profesi jurnalis untuk memecah belah bangsa.

"Kalau kritik itu hal biasa. Tapi kalau menghasut atau mencela bangsa itu tidak bisa ditawar lagi," paparnya.

Untuk diketahui, ada sebelas butir kode etik yang memiliki lima fungsi untuk tugas kejurnalistikan. Antara lain, melindungi keberadaan seseorang profesional dalam berkiprah di bidangnya.

Lalu, melindungi masyarakat dari malapraktik oleh praktisi yang kurang profesional. Kemudian, mendorong persaingan sehat antarpraktisi.

Selanjutnya, mencegah kecurangan antar rekan profesi. Serta, mencegah manipulasi informasi oleh narasumber.

Dalam konpers tersebut, hadir juga dihadiri Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Asistant Director General UNESCO Mr. Frank La Rue dan Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN Fransisco Fontan Pardo.

Acara WPFD 2017, dihadiri ribuan jurnalis lokal, nasional hingga internasional dan berlangsung tanggal 1-4 Mei mendatang. [sri] 

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00