Canangkan Lahat Bebas Debt Collector

Sosial  JUM'AT, 21 APRIL 2017 , 22:16:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Canangkan Lahat Bebas Debt Collector
RMOL. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya bekerjasama dengan Kepolisian Resort Lahat mencanangkan Lahat bebas debt collector atau penagih hutang. Pencanangan itu dilakukan dengan pemasangan spanduk pada peringatan Hari Konsumen Nasional ke 18 tahun 2017, Kamis (20/4).

Ketua YLKI Lahat Raya Sanderson Syafe'i mengatakan, Kegiatan Hari Konsumen Nasional ini dilakukan pemasangan spanduk terkait banyaknya pengaduan konsumen leasing dan meresahkan akibat ulah Debt Collector, pemasangan spanduk dilakukan  di tempat strategis dalam wilayah  13 Polsek se-Kabupaten Lahat dengan diawali di Polsek Kota Lahat agar kedepan Kabupaten Lahat bebas Debt Collector atau mata elang.

Dia mengemukakan, hari konsumen nasional menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran konsumen agar menjadi konsumen cerdas, mandiri dan cinta produk dalam negeri serta menyatukan langkah perlindungan konsumen di Indonesia khususnya di Kabupaten Lahat.

"Faktor keresahan dimasyarakat paling besar dan banyaknya pengaduan konsumen terhadap lembaga pembiayaan menjadikan YLKI Lahat mengambil tema hal tersebut diharapkan kedepan Kabupaten Lahat akan terbebas dari Debt Collector ataupun mata elang," kata Dia.

Sanderson mengimbau agar masyarakat bisa paham dalam memilih lembaga pembiayaan atau leasing yang akan membeli barang ataupun menggadaikan barang, harus betul-betul di pahami dan dibaca kontrak perjanjian di awal, jangan saat sudah jadi masalah baru menyesal.

"Kalau kita lihat konsumen akan tergiur dengan hanya 1 jam cair, tanpa membaca apa isi kontrak, apalagi kebutuhan akan uang tersebut menjadikan lupa membaca hak dan kewajiban selaku konsumen," ucapnya.

Hal ini juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat arti pentingnya perlindungan konsumen karena undang-undang konsumen masih banyak yang belum tahu. "Kami berterimakasih kepada Kapolres Lahat yang merespon dengan baik permasalah yang ada di masyarakat," pungkasnya. [yip]

Komentar Pembaca
Mendagri Bikin TNI Cemburu

Mendagri Bikin TNI Cemburu

SENIN, 29 JANUARI 2018 , 13:00:00

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 21:00:00

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 19:00:00

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 09:45:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

RABU, 10 JANUARI 2018 , 12:31:00