RMOLSUMSEL

Home     


DANAU ULAK LIA, LEGENDA SEORANG GADIS, KINI TERBENGKALAI..
JUM'AT, 21 APRIL 2017 , 13:29:00 WIB
LAPORAN: HAFIZ AL - FANGKY

DANAU ULAK LIA/RMOLSUMSEL/HAFIZ AL FANGKY
  

RMOL. Minimnya lokasi wisata di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), menjadi keluhan dan perhatian bagi warga Muba. Padahal jika pemerintah serius untuk mengembangkan pariwisata banyak lokasi destinasi yang masih alami bisa dikelola.

Seperti wisata Danau Ula Lia yang saat ini terbengkalai, sangat disayangkan oleh warga Muba. Padahal ini busa jadi lokasi wisata andalan.

Seperti dikatakan Oppie, pekerja pariwisata sekaligus maneger yang mengelolah salah satu hotel di Kota Sekayu Muba mengatakan, jika pemerintah serius diyakini selain berdampak meningkatnya prekonomian warga sekitar, juga bisa menambah kunjungan hotel.

"Danau Ula Lia memiliki potensi lokasi wisata yang tinggi, sebab danau ula selain letaknya tidak jauh dari pusat kota juga memiliki nilai sejarah bagi warga sekayu, danau ini masih alami ini yang menjadi niliai jual," kata Oppie kepada RMOLSumsel, Jumat (21/4).

Danau yang terletak di Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan ini, menurutnya bisa dikelolah menjadi lokasi wisata apa saja, seperti wisata air dan permainan lainnya.

"Menurut cerita masyarakat Sekayu yang melegenda, bahwa nama Danau Ulak Lia berasal dari nama seorang gadis yang bernama panggilan “Lia” hilang pada saat mandi, sedangkan Ulak berarti pusaran air, sehingga dapat diartikan pusaran air danau yang menghanyutkan gadis bernama Lia. Sebagian masyarakat ada yang percaya dan ada yang tidak dengan cerita legenda ini, kemungkinan memang benar ada kejadian itu di masa lampau sehingga danau ini diberi nama danau Ulak Lia. Namun sejauh ini pusaran air itu tidak tampak ada, entah kalau jaman dahulu," terangnya.

Lanjut oppie, kenapa danau ini bisa diyakini menjadi lokasi wisata andalan, sebab menuju lokasi danau ulak Lia dari Kota Sekayu tidakla terlalu sulit sebab, bisa ditempuh menggunakan transportasi darat yang jaraknya lebih kurang 2,5 km, melintasi jembatan yang melintang di atas sungai Musi.

"Danau ini memiliki luas sekitar 75 Ha ini bisa menjadi obyek wisata yang menarik, terlebih keindahan danau ini akan tampak lebih menarik pada saat musim penghujan dan air pasang dari sungai Musi, karena semua permukaan danau akan tertutup air."bebernya.

Selain Danau Ulak Lia oppie menyebut masih ada beberapa potensi wisata danau di Kabupaten Musi Banyuasin seperti Danau Konger di Desa Sungai Dua, Kecamatan Sungai Keruh, dan Danau Cala di Kecamatan Lais.

"Kita berharap pemerintah akan serius dan memperhatikan potensi wisata yang ada di muba untuk dikelolah, sehingga diharapkan dengan majunya wisata di muba mampu menyumbang PAD dari sektor wisata. Semoga Danau Ulak Lia semakin digemari masyarakat, terutama masyarakat Sekayu dan sekitarnya, sehingga tempat wisata tersebut nampak menjadi kebutuhan masyarakat dan bisa menarik para pengunjung dari luar bahkan para investor," pungkasnya.[rik]


Baca juga:
SANTRI JADI DOKTER, PRODUK ANDALAN DISDIKBUD MUBA
BURUH PEREMPUAN HARUS DIBERI PERHATIAN LEBIH
WAJAR HARGA DAGING TINGGI, SUMSEL KEKURANGAN SAPI POTONG
WARGA GAJAH MATI DITEMBAK OTD
WADUH! TPS HABIB RIZIEQ SEMPAT MEMANAS


Komentar Pembaca






Berita Populer

Suka Cita PM Singapura Di Malam Takbir
Kapolda dan Pangdam Pantau Malam Takbiran
Kapolda dan Pangdam Pantau Malam Takbiran