RMOLSUMSEL

Home     


HARI KARTINI 2017
BURUH PEREMPUAN HARUS DIBERI PERHATIAN LEBIH
JUM'AT, 21 APRIL 2017 , 12:51:00 WIB

BURUH PEREMPUAN/NET
  

RMOL. Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, pemerintah diingatkan untuk konsen terhadap kesejahteraan buruh perempuan di Indonesia.

Pasalnya, sampai saat ini tingkat kesejahteraan buruh perempuan khususnya yang bekerja di sektor padat karya dan perkebunan sawit masih sangat rendah.

Demikian disampaikan Analis Politik dan Hak Azasi Manusia (HAM) Labor Institute Indonesia Andy William Sinaga seperti diberitakan RMOL.Co, Jumat (21/4).

Jelas Andy, para buruh perempuan khususnya industri sawit yang bekerja di ratusan ribu hektare perkebunan kelapa sawit di Kalimantan dan Sumatera, masih sangat sedikit tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Bahkan perdagangan buruh perempuan di sektor sawit yang banyak dikirim dari daerah-daerah miskin di Nusa Tenggara Timur dan Jawa Timur, tanpa ada dokumen administrasi ketenagakerjaan yang lengkap.

"Tendensi pelanggaran HAM khususnya HAM di bidang ekonomi dan sosial yang merupakan hak konstitusi warga negara masih terjadi di industri sawit nasional," kata Andy.

Selain itu, pelanggatan hak-hak maternity dan reproduksi bagi buruh perempuan khususnya di sektor manufaktur industri padat karya masih juga terjadi.

Untuk itu, lanjut Andy, di Hari Kartini ini sudah sepantasnya pemerintah mengeluarkan regulasi khusus dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) dalam melindungi hak-hak normatif buruh perempuan, karena Keputusan Menteri tidaklah cukup karena sanksinya tidak ada.

"Program peningkatan kesejahteraan buruh perempuan harus sesuai dengan semangat Nawacita Presiden Joko Widodo, aparatur pemerintah di daerah-daerah perlu didorong dan diawasi dalam melakukan implementasi Nawacita khususnya perlindungan dan peningkatan kesejahteraan buruh perempuan di Indonesia," katanya. [ida]


Baca juga:
DEWAN EMPAT LAWANG SOROTI JALAN PERUSAHAAN PERKEBUNAN SAWIT AEP
BURUH PEREMPUAN RENTAN TERKENA KANKER SERVIKS
DIJANJIKAN NIKAH LALU DIGOYANG DI KEBUN
KEPUTUSAN AHOK, BUKTI ELEKTABILITAS NYUNGSEP
TAHUN INI, RIBUAN SAWIT DIREMAJAKAN


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Masyarakat Mulai Jenuh Masuk Mall Ini
Astra Motor Gelar Perayaan Kartini Bersama Lady Bikers
Masih Mahasiswa Tapi Sukses Berbisnis, Ikuti Trik Ini..