RMOLSUMSEL

Home     


KADINKES: PROGRAM JUMAT BERSIH TURUNKAN ANGKA DBD OKU
JUM'AT, 21 APRIL 2017 , 12:26:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

PROGRAM JUMAT BERSIH DI SALAH SATU INSTANSI DI OKU/NET
  

RMOL. Program Jumat Bersih yang dicanangkan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) H Kuryana Azis, berimbas pada menurunnya penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pasalnya, Program Jumat Bersih berdampak positif pada kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat,  serta menjaga lingkungan tetap bersih.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten OKU melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Andi Prapto, Jumat (21/4).

"Sepanjang Januari – Maret 2017, hanya terjadi satu kasus DBD. Penderitanya dari Kelurahan Kemalaraja,” ungkap Andi Prapto.

Untuk penderita malaria, lanjut Andi, OKU aman dari kasus tersebut. Pasalnya, sepanjang Januari – Maret 2017, di OKU hanya terjadi 5 kasus. 3 kasus dari Desa Tanjung Lengkayap dan 2 kasus dari Kelurahan Kemalaraja. Nah, bila dilihat dari insident rate malaria, OKU aman.

"Pasien yang terjangkit malaria dan DBD sudah sembuh,” imbuh Andi.

Lebih lanjut diungkap Andi, daerah endemis malaria berada di Desa Tanjung Lengkayap, Kecamatan Lengkiti dan Desa Penyandingan, Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Untuk itu, 26 April mendatang pihaknya akan melakukan pemeriksaan daerah di Kecamatan Sosoh Buay Rayap yang dipusatkan di Desa Tungku Jaya, sekaligus membagikan kelambu dan bubuk abate.

"Target kita 500 warga Kecamatan Sosoh Buay Rayap darahnya kita periksa apakah terjangkit malaria atau tidak,” imbuh Andi.

Untuk mencegah penyebaran penyakit malaria, Andi meminta masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk serta menjaga kebersihan lingkungan.

Menurutnya, melakukan pemberantasan sarang nyamuk lebih efektif untuk mematikan mata rantai penyebaran malaria.

"Kita harap jumlah kasus DBD dan malaria tidak bertambah. Namun, kita wajib mewaspadai merebaknya penularan penyakit malaria karena curah hujan cukup tinggi dan kita minta warga untuk waspada penyebaran penyakita ini,” kata Andi. [ida]


Baca juga:
PESERTA PKH PAGARALAM TERUS BERTAMBAH-
PKH PUTUSKAN RANTAI KEMISKINAN
BURUH BANGUNAN INI TERHARU RUMAHNYA DIBEDAH TMMD
MEDCO E&P KEMBALI RAIH SRIWIJAYA CSR AWARD
DINAS PERIKANAN OKU MINIM PROGRAM, BAGAIMANA MAU MAJU..


Komentar Pembaca






Berita Populer

Siap-siap! Dikabarkan, Besok Siang Taksi-Ojek Online Tak Operasi
Katek Duit, Bupati OKU Minta Maaf
Kisah Percintaan Panji Anggraeni Buka Festival Sriwijaya XXVI