Periksa dan Operasi Ulang Senjata

Ragam  JUM'AT, 21 APRIL 2017 , 10:26:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Periksa dan Operasi Ulang Senjata

foto delta/ rmolsumsel

RMOL. Mengantisipasi tak terulang insident penembakan yang dilakukan salahsatu aparat kepolisian di wilayah hukum Lubuk Linggau terhadap warga sipil, Kapolres Pagaralam lansung bergerak cepat menginstruksikan kepada jajaran polsek dan satuannya melakukan pemeriksaan serta pengoperasian senjata api yang digunakan para anggota.

Kapolres Pagaralam, AKBP Pambudi SIK melalui Kapolsek Pagaralam Utara, AKP Herri Widodo mengatakan, pasca insiden tersebut (penembakan dilakukan oknum anggota polisis), melalui instruksi Kapolres langsung melakukan riksa senpi khususnya jenis P2, senjata api serbu laras panjang.

“Intruksi kapolres langsung kita tindak lanjuti dengan mengumpulkan para anggota, baik buser (reskrim) sabhara, intelkam dan propam, menggelar cara penggunaan senpi sesuai dengan protap, Peraturan Kapolri (Perkap) No. 1 Tahun 2009 mengenai penggunaan senjata api anggota polisi,” ujar Herry Kepada RMOLsumsel

Menindaklanjuti peristiwa tersebut, jangan terulang di wilayah hukum Polres Pagaralam terlebih dilakukan anggota. Untuk itu diminta untuk senantiasa cermat dan teliti setiap menggunakannya dalam situasi apapun.

“Seperti senpi serbu jenis P2, pengunaan senpi laras panjang ini sesuai protap hanya digunakan saat pengawalan, penjagaan, patroli ataupun situasi tertentu jika berpotensi ada kontak senjata,” beber Herry.

Tak hanya cermat namun anggota harus memahami penggunanaanya. Jangan sampai salah, fatal akibatnya. Tak kalah penting, kontrol emosi si pemegang senpi dan kondisi fisik harus benar-benar baik.

“Pada kesempatan ini, anggota diberikan informasi penggunaan senpi ini dengan baik dan benar. Ada pengamannya berupa otomotis kunci untuk pengaturan letusan peluru berbeda dengan senpi laras pendek jenis revolver,” kata dia didampingi Kanit Reskrim, Aiptu Sutrisno menambahkan kondisi magasin perlu dilakukan pemeriksaan apakah dalam kondisi kosong atau tidak termasuk dilarasnya yang jelas penggunaannya harus sesuai protap yang ada. [delta handoko]

Komentar Pembaca
Jokowi Gagal Bangun Politik Kebangsaan

Jokowi Gagal Bangun Politik Kebangsaan

KAMIS, 18 JANUARI 2018 , 19:00:00

KPU Tetap Lakukan Verifikasi Faktual

KPU Tetap Lakukan Verifikasi Faktual

KAMIS, 18 JANUARI 2018 , 17:00:00

Mau Rumah DP 0 Rupiah? Ini Syaratnya

Mau Rumah DP 0 Rupiah? Ini Syaratnya

KAMIS, 18 JANUARI 2018 , 15:00:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00

Didampingi Ayah

Didampingi Ayah

SABTU, 25 NOVEMBER 2017 , 10:17:00

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 16:30:00