Guru Yang Pernah Dipecat Ahok Percaya Anies Akan Lebih Merangkul

Sosial  KAMIS, 20 APRIL 2017 , 20:06:00 WIB

Guru Yang Pernah Dipecat Ahok Percaya Anies Akan Lebih Merangkul

Retno Listryati/net

RMOL. Nama Retno Listyarti tidak asing bagi sebagian warga DKI Jakarta. Dia adalah eks kepala sekolah SMAN 3 Jakarta yang dulu dipecat Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) karena meninggalkan sekolah saat Ujian Nasional berlangsung.

Retno menjadi sorotan media massa dan dikenal publik luas karena berani menantang Ahok di jalur hukum. Retno menggugat kebijakan Pemprov DKI yang memecatnya, sampai akhirnya menang di tingkat kasasi Mahkamah Agung.

Kini, Jakarta akan dipimpin oleh Gubernur baru hasil Pilkada 2017. Meski mengaku bukan pendukung Anies Baswedan karena statusnya sebagai pegawai negeri sipil, Retno mengaku berharap banyak pada mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Kepada Gubernur baru, saya ucapkan selamat bertugas dan perlu ditagih janji politiknya. Salah satunya Pak Anies konsentrasi pada pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia," kata Retno saat ditemui Kantor Berita Politik RMOL di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (20/4).

Retno yang kini menjabat sebagai Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mengenal profil Anies ketika mantan Rektor Paramadina itu menjabat Mendikbud. Kala itu, Retno sangat mengapresiasi Anies yang mau bermitra dengan FSGI. Padahal sebelumnya pemerintah hanya mengakui PGRI sebagai satu-satunya organisasi guru di Indonesia.

Ia juga menganggap Anies sangat terbuka dan mau mendengarkan serta merangkul semua organisasi profesi guru.

"Beliau adil terhadap semua organisasi guru. Kami berharap bisa bersinergi untuk membangun pendidikan di DKI. Kami berharap banyak pada Pak Anies agar DKI menjadi barometer pendidikan nasional," tambah Retno.

Retno juga yakin, guru-guru di DKI tidak akan takut lagi menyampaikan pendapat karena pemerintahan Anies akan berlangsung demokratis dan merangkul semua organisasi guru.

"Dia merangkul semua, mengakui semua, itu catatan penting bagi kami di FSGI. Saya yakin, semua guru akan dilindungi Pak Anies dalam hak berorganisasi," demikian Retno. [ald]


Komentar Pembaca
JK, Peng-Peng Di Balik Impor Beras

JK, Peng-Peng Di Balik Impor Beras

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 19:00:00

Tak Ada Verifikasi Faktual Dalam UU Pemilu

Tak Ada Verifikasi Faktual Dalam UU Pemilu

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 17:00:00

Jokowi Manfaatkan Golkar

Jokowi Manfaatkan Golkar

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 15:00:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00

Didampingi Ayah

Didampingi Ayah

SABTU, 25 NOVEMBER 2017 , 10:17:00

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 16:30:00