RMOLSUMSEL

Home     


MAU CERIA SETIAP HARI? LAKUKAN 5 HAL KECIL INI
KAMIS, 20 APRIL 2017 , 16:30:00 WIB
LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

  

RMOL. Aktivitas di kantor menjadikan hari-hari  penuh tekanan dan tantangan. Kondisi ini mengakibatkan orang-orang rentan terserang stres, kecemasan, dan emosi. Semua ini memicu orang hilang keceriaan. Padahal, keceriaan itu sangat penting!

Mengapa kita membutuhkan keceriaan setiap hari? Hidup sudah susah dan berat. Kehidupan jadi terasa semakin berat jika orang menjalaninya tanpa keceriaan. Pertanyaannya; bagaimana caranya agar ceria setiap hari kendati terus menghadapi tekanan?

Berikut adalah tips yang dikutip hari ini, Kamis (20/4), dari Laman Aquariuslearning.com.

Disebutkan, salah satu faktor yang memengaruhi keceriaan dan kebahagiaan seseorang yaitu pikiran. Pikiran yang positif membuat hati Anda menjadi lebih ceria. Sebaliknya, pikiran yang negatif membuat hati Anda jadi lebih murung.

Agar cerita setiap hari, Anda mesti tahu cara memanipulasi otak Anda.  Beginilah langkah-langkahnya:

1. Paparan sinar matahari

Otak bekerja dengan optimal di bawah paparan sinar matahari.  Paparan sinar matahari di pagi hari dapat meningkatkan pelepasan hormon melatonin, yang membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Tidur yang nyenyak dan berkualitas memberikan beberapa keuntungan bagi Anda seperti mengurangi rasa sakit dan meningkatkan energi dan ketajaman berpikir. Energi yang besar di pagi hari yang diperoleh dari tidur nyenyak dapat membuat mood Anda lebih positif/good mood.

Di samping membantu membuat tidur Anda nyenyak dan berkualitas, sinar matahari yang diserap melalui kulit Anda membantu otak Anda memproduksi zat yang disebut serotonin yang berperan membuat suasana hati Anda lebih ceria/ good mood.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk jalan-jalan keluar di pagi hari, sebelum pergi ke kantor. Paparkan diri Anda pada sinar matahari pagi yang menyehatkan.

2. Bergerak

Selain paparan sinar matahari, produksi hormon serotonin yang dapat membuat suasana hati Anda lebih ceria juga dapat Anda lakukan dengan cara banyak bergerak. Bergerak tidak harus berarti berolahraga berat seperti berlari atau loncat-loncat.

Di kantor, Anda dapat sesekali melakukan gerak ringan seperti berjalan kaki saat jam istirahat.

Dengan gerak, dijamin, hati Anda yang tadinya murung, penuh rasa cemas dan khawatir menjadi lebih tenang, gembira, dan optimis.

3. Regangkan otot

Meregangkan otot dapat mengurangi stres melalui sebuah proses yang disebut biofeedback. Di samping itu, meregangkan otot juga dapat melepaskan zat yang serupa dengan morfin dan THC yang dapat mengurangi sakit dan membuat suasana hati lebih ceria.

 

Namun demikian, tenang saja, pelepasan zat sejenis morfin dan HTC ini akibat aktivitas perenggangan otot tidak membuat Anda sakau. Sebaliknya, ia membawa dampak positif bagi Anda, yakni membuat hati Anda lebih gembira.

Oleh karena itu, regangkan otot Anda saat sudah merasa suntuk, bosan, dan stres.
4. Pijat

Siapa yang tidak suka pijat atau urut?  Pijat atau urut terkenal dapat membuat tubuh, pikiran, dan perasaan lebih rileks. Itulah mengapa, banyak sekali yang menyukainya.

Di samping itu, pjat dapat melepaskan oksitoksin yang mengurangi stres dan kecemasan. Pijat dapat melepaskan serotonin, hormon yang berperan membuat suasana hati Anda lebih ceria, sebagaimana dijelaskan di atas.

Setelah lelah bekerja, tidak ada salahnya untuk sesekali memanjakan diri Anda dengan berpijat.

5. Deep Breathing

Ketika suasana hati Anda buruk karena tekanan di kantor, jangan ragu untuk ambil napas yang dalam.

Menghirup napas dalam dan mengembuskannya perlahan dapat memengaruhi otak dengan mengatur aktivitas dalam saraf vagus, dan merupakan cara yang powerful untuk mengurangi stres dan rasa cemas. [ida]
 


Baca juga:
MAU TIDUR NYEYAK DAN BERKUALITAS, KONSUMSI 5 MAKANAN INI
TIDUR TAK BISA PULAS, CUKUP DIOBATI DENGAN MAKAN NASI!


Komentar Pembaca






Berita Populer

Anak Alami Pubertas Dini, Orangtua Mesti Hati-hati