RMOLSUMSEL

Home     


TERGIUR DUIT BANYAK
KEBUN KOPI DIUBAH JADI LADANG GANJA
KAMIS, 20 APRIL 2017 , 14:50:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

FOTO WIWIN/ RMOLSUMSEL
  

RMOL. Untuk kali pertama, jajaran Polres Ogan Komering Ulu (OKU) berhasil menemukan ladang ganja yang terletak di Talang Air Baning Desa Belandangan Kecamatan Ulu Ogan, tempo hari (17/4). Seorang tersangka Syamhir alias Ampin, petani kopi yang nyambi nanam ganja itu, berikut Barang Bukti (BB) sebanyak 100 batang ganja muda, telah diamankan di Mapolres setempat.

Menurut pengakuan Syam, ganja yang ia tanam ini bukan kali pertama ia lakukan. Tahun 2014 lalu, dia pernah menanam narkotika golongan I itu. Kala itu, ia mendapat hasil lebih dari satu kilo. Dan dijual eceran di wilayah Tanjung Enim dan Ulu Ogan.

"Saya jualnya ngecer seharga Rp 300 ribu segaris. Hasilnya untuk belanja,” akunya pada Kapolres OKU AKBP Ni Ketut Widayana, saat Polres setempat merilis ungkap kasus ganja, Kamis (20/4).

Lantaran tergiur dengan keuntungan yang didapat, Syam kembali menanam daun setan itu di sela-sela kebun kopi miliknya. Awalnya sih, ia mengaku iseng menebar/ menyemai bibit atau biji ganja yang diakuinya didapat dari temannya. Namun karena untungnya lumayan, ia nekat kembali menanam ganja, hingga pada akhirnya kerjaannya itu terbongkar aparat Polsek Ulu Ogan.

“Awalnya ada teman yang sering makai (ganja). Nah, bijinya itu saya ambil dan kemudian saya semaikan di kebun. Ini batang ganja kedua yang saya tanam,” ungkapnya seraya menuturkan kalau pembeli tanaman ganjanya itu kebanyakan dari wilayah Tanjung Enim.

BB ganja yang diamankan Polres OKU ini berusia dua bulan setengah. Tingginya rata-rata sudah hampir satu meter. Menurut Syam, tiga bulan lagi batang-batang ganja itu baru panen.

“Kalau bibit batang yang ini saya dapat dari kawan lain. Sama, saya tanam di kebun kopi juga, disemaikan seperti nanam cabe. Biasanya lima bulan baru bisa dipanen,” tandasnya.

Kapolres OKU AKBP Ni Ketut Widayana menyatakan, pengungkapan kasus tanaman ganja ini bermula saat aparat Polsek Ulu Ogan menerima informasi dari warga akan adanya kebun ganja di di Talang Air Baning Desa Belandangan.


Saat diturunkan tim gabungan, benar bahwasanya ditemukan ladang ganja, dalam areal kebun kopi seluas lebih kurang dua hektar.

“Disana ditemukan batang ganja kurang lebih 100 batang. Tersangka sendiri ditangkap di pondok kebunnya itu,” katanya.

 Tersangka Syam terancam hukuman penjara 5 tahun lebih, lantaran diduga melakukan tindak pidana narkotika golongan I, sesuai dalam pasal 114 ayat (2) subsider pasal 111 ayat (2) UU. RI No. 35 tahun 2009.  

“Kepada masyarakat yang mengetahui adanya kegiatan yang berhubungan dengan narkoba, kami himbau segera melaporkan kepada polisi,” imbau Kapolres. [rhd]


Baca juga:
ISHAK MEKKI : TAKLUKAN PERSAINGAN INTERNASIONAL MAHASISWA HARUS MILIKI KARAKTER
KETUA KOMITE II DPD RI LANCARKAN PROTES KERAS
PENGURUS PKS SUMSEL SENANG ANIS-SANDI MENANG
KAPOLDA BESUK KORBAN PENEMBAKAN SEKELUARGA
PEMERINTAH KESULITAN KENDALIKAN HARGA DAGING


Komentar Pembaca






Berita Populer

Mayat Gadis Terbungkus Karung, Ditemukan Ngambang di Sungai Ogan
Walikota Korupsi, Selingkuhan Dibelikan Rumah-Diumrohkan 3 Kali
Kakek Ini Antar Ganja Buat Beli Baju Lebaran Cucu