RMOLSUMSEL

Home     


LONGSOR ANCAM PENGGUNA JALINSUM DI OKU
KAMIS, 20 APRIL 2017 , 11:05:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

LONGSOR DI JALINSUM OKU/RMOLSUMSEL/M WIWIN
  

RMOL. Kondisi jalan lintas sumatera (jalinsum) di wilayah kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang bersebelahan dengan sungai ogan, membuat ruas jalan negara ini banyak berpotensi longsor. Apalagi ditambah dengan tingginya intensitas hujan dan derasnya arus sungai, yang membuat tanah menjadi labil dan gampang longsor. Kondisi itu mengancam pengguna jalinsum.

Di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), beberapa titik longsor kembali muncul. Salah satunya di Jalinsum wilayah desa Karang Agung kecamatan Baturaja Barat. Longsor di ruas jalan ini cukup membahayakan pengguna jalan. Apalagi posisinya berada di tikungan.

Dan persis di tikungan itupula, ada jurang yang menjorok ke dasar sungai ogan dengan kedalaman lebih kurang 10 meter lebih.

Agar pengendara waspada, di lokasi longsor diberi tanda peringatan waspada akan bahaya longsor. Selain itu, juga telah diberi garis pembatas.

Meskipun longsor di wilayah itu belum begitu parah, warga berharap pemerintah dapat segera mengantisipasi lebih dini. Terlebih tak lama lagi banyak pemudik yang akan melintas di jalan tersebut pada lebaran nanti.

“Longsoran ini berpotensi akan terus menggerogoti jalan, jika di bagian jurang yang longsor itu tidak segera dibangun bronjong. Ini dikarenakan kontur tanahnya tak kuat menahan terjangan derasnya arus sungai ogan,” ujar Mil, warga Semidang Aji yang kerap melintas di jalur tersebut kepada RMOLSumsel, Kamis (20/4).

Sebelumnya, longsor serupa terjadi di wilayah kecamatan Semidang Aji, persisnya di Desa Tubohan. Longsor di wilayah itu terbilang parah. Sebagian jalan sudah amblas ke dasar sungai. Walhasil, Jalinsum di desa itu hanya dapat dilintasi satu kendaraan saja. Sampai detik ini belum ada tanda-tanda kapan akan diperbaiki.[rik]


Baca juga:
WARGA BERHARAP PREMIUM TIDAK DICABUT DARI SPBU
PERANGKAT DESA DITATAR KELOLA DUIT DESA
GUBERNUR SAYANGKAN AKSI OKNUM POLISI MAIN 'BERONDONG' TEMBAKAN
ISHAK MEKKI : USIA BOLEH LANJUT, SEMANGAT TETAP MUDA
JOKO : HIJABFEST MENJADI AJANG ADU KREATIVITAS DI KALANGAN MUSLIMAH


Komentar Pembaca






Berita Populer

Suka Cita PM Singapura Di Malam Takbir
Kapolda dan Pangdam Pantau Malam Takbiran
Kapolda dan Pangdam Pantau Malam Takbiran