Gubernur Sayangkan Aksi Oknum Polisi Main 'Berondong' Tembakan

Sosial  RABU, 19 APRIL 2017 , 19:44:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Gubernur Sayangkan Aksi Oknum Polisi Main 'Berondong' Tembakan

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin

RMOL. Gubernur Sumsel, Alex Noerdin  sangat menyangkan sekali aksi penembakan terhadap satu keluarga yang dilakukan oknum polisi di Lubuklinggau, kemarin (18/4).

"Kita menyayangkan bisa terjadi seperti itu. Sayang sekali itu diberondong macam itu. Untung dalamnya dak katek mertuo kito. Kalau ado mertuo kito cakmano," ujar Alex Noerdin usai Rapat Paripurna XXIV DPRD, Rabu (19/4).

Dia berharap pihak kepolisian segera mengungkap kasus yang sudah menyedot perhatian banyak orang karena dinilai seperti 'koboi'.

"Tetapi lebih baik tunggu hasil dari penyidikan yang dilakukan oleh Polda. Polda sudah dikirim ke situ. Apakah ini salah prosedur apa menyalahi SOP dan lain sebagainya," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan, Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel), HM Giri Ramanda N Kiemas terhadap peristiwa penembakan yang dilakukan oknum aparat Kepolisian Lubuklinggau terhadap kendaraan yang berpenumpang satu keluarga saat kabur menghindari razia.

Diketahui penembakan yang terjadi kemarin (18/4) di Jalan Fatmawati, Lubuklinggau tersebut menyebabkan satu orang penumpang mobil sedan itu tewas dan lima luka-luka.

"Ini suatu hal yang kita sangat sayangkan, memang ada suatu hal yang dilanggar oleh yang bersangkutan, tentunya aparat juga punya kecurigaan yang tinggi. Tapi kita menyayangkan kenapa dilakukan penembakan berlebihan," ujar Giri kepada RMOLSumsel.

Menurut Giri penembakan yang dinilainya terlalu frontal tak harus dilepaskan. Seharusnya Aparat Kepolisian bisa menyetop kendaraan dengan memepet kendaraan tersebut atau memberi tembakan peringatan terlebih dahulu.

"Jangan dilakukan penembakan yang sangat frontal dan bukan satu dua peluru, tapi banyak peluru. Memang kita menyadari kawan-kawan penegak hukum ada rasa ketakutan, sindrom. Tapi sebagai penegak hukum yang baik, saya rasa menyayangkan kejadian ini," imbuh Giri.

Politisi PDIP ini yakin, Kapolda Sumsel akan menindak tegas anggotanya secara adil dalam kasus tersebut.

"Ini nantikan diperiksa Propam mereka, apakah melanggar prosedur atau protap yang mereka punya atau tidak. Kita serahkan kepada Pak Kapolda agar bisa diselesaikan secara adil. Dan kita berharap kondisi ini tidak terulang lagi," pungkasnya. [yip]


Komentar Pembaca
Mendagri Bikin TNI Cemburu

Mendagri Bikin TNI Cemburu

SENIN, 29 JANUARI 2018 , 13:00:00

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

Melawan Hoax Dan Ujaran Kebencian

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 21:00:00

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

Jokowi Harus Terbitkan Perppu LGBT

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 19:00:00

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 09:45:00

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

RABU, 10 JANUARI 2018 , 12:31:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00