RMOLSUMSEL

Home     


MAU USUS BERFUNGSI DENGAN BAIK, BACA INI..
RABU, 19 APRIL 2017 , 11:58:00 WIB

FOTO/NET
  

RMOL. Semua orang tentu ingin menjaga seluruh anggota tubuh agar berfungsi dengan baik. Tak terkecuali dengan usus. Sebagai organ yang memiliki peranan penting bagi pencernaan, usus harus senantiasa dijaga kesehatannya setiap hari.

Ada berbagai macam keluhan yang disebabkan oleh usus yang tidak sehat, antara lain konstipasi, diare dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana agar usus kita selalu sehat? Ikuti tips berikut, seperti diberitakan JPNN, Rabu (19/4):

1. Makanan organik

Sayuran yang ditanam di tanah yang sehat bisa memindahkan beberapa mikroba tanah yang beragam ke dalam tubuh kita membantu menjaga kesehatan.

2. Gandum

Prebiotik yang terdapat dalam quinoa, soba, oatmeal, pasta gandum dan beras merah sangat baik untuk mendorong pertumbuhan mikroba yang menguntungkan daripada biji-bijian olahan seperti tepung putih.

USDA merekomendasikan asupan 14 gram serat per 1.000 kalori yang dikonsumsi. Coba melengkapi diet Anda dengan roti gandum (yang berisi 3 gram serat per slice) dan makanan ringan serat tinggi, seperti apel mentah (3,5 gram serat per slice).

3. Coba makanan fermentasi

Dengan daftar bahan-bahan yang meliputi kultur aktif hidup, yoghurt memberikan Anda miliaran mikroba per porsi.

Makanan fermentasi yang tidak dipasteurisasi seperti kimchi, kefir, sauerkraut dan acar bisa membantu melindungi mikroba usus yang baik.

4. Hindari pemanis buatan

Bahan kimia dalam produk pemanis buatan mendesak keluar bakteri baik dan bisa menyebabkan diabetes serta penyakit terkait obesitas lainnya.

5. Mikroba Manusia

Studi yang dilakukan di Swiss pada 1990-an dan baru-baru dengan komunitas Amish Indiana menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh di peternakan kecil memiliki insiden lebih rendah dari alergi dan asma, mungkin karena binatang mendiversifikasi mikroba manusia.[rik] 


Baca juga:
MEDCO E&P KEMBALI RAIH SRIWIJAYA CSR AWARD
WAW! NILAI PUNGLI DI PELABUHAN INI MENCAPAI RP 2 TRILIUN
LAYANI JEMAAH HAJI, BRI SYARIAH TUGASKAN TELLER KHUSUS
PENGEMBANGAN KEK TANJUNG API-API HARUS DIAWASI, JANGAN SEPERTI BATAM
MENJAMBRET HAPPY, FRANGKY DAN REDO DIBUI


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Pasang "Susuk" Gratis
Mie Dan Cincau Berformalin 'Marak' Di OKI
Dinkes: Formalinnya 100 Persen